3 Cara Memilih Pick Gitar Berdasarkan Bentuk, Ketebalan dan Bahan



Gitar menjadi alat musik yang paling diminati saat ini. Gitar dimainkan dengan memetik senarnya, untuk memetik senar gitar biasanya menggunakan pick gitar. Saat ini ada beberapa jenis pick yang berbeda-beda. Sebelum memilih pick gitar, perhatikan 3 cara memilih pick gitar di bawah ini:

Memilih Pick Gitar Berdasarkan Bentuk

Cara memilih pick gitar yang pertama adalah berdasarkan bentuknya. Meskipun umumnya bentuk pick menyerupai segitiga yang ujungnya sedikit tumpul, ada beberapa jenis bentuk pick. Pemain gitar harus memilih pick gitar sesuai dengan bentuknya karena setiap bentuk memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini beberapa tipe bentuk pick gitar dan fungsinya:

  • Standard 351, bentuk umum pick gitar menyerupai segitiga yang ujungnya tumpul dan salah satu sisinya melengkung. Biasa digunakan bagi pemula untuk memetik senar
  • Pointy, bentuknya mirip seperti standard 351, tapi ujungnya lancip. Bisa digunakan untuk meningkatkan kontrol dan akurasi saat bermain gitar senar tunggal.
  • Triangle, memiliki bentuk yang lebih besar dan tidak umum digunakan. Tipe ini cocok digunakan untuk pemain gitar
  • Shark fin, versi melengkung dari triangle dengan salah satu sisinya yang bergerigi dan bergelombang. Tipe ini cocok digunakan untuk memetik chord.
  • Jazz III, memiliki bentuk yang lebih kecil dari triangle dengan ujung yang lancip dan satu sisi memiliki lengkungan tinggi. Sesuai dengan Namanya tipe ini biasa digunakan untuk pemain gitar
  • Teardrop, memiliki bentuk yang menyerupai tetesan air mata yang artinya setiap sisinya melengkung dengan ujung yang sedikit lancip. Merupakan variasi dari tipe jazz III.

Memilih Pick Gitar Berdasarkan Bahan

Yang kedua pemain juga harus memilih pick gitar berdasarkan bahannya. Karena bahan dari pick gitar ini akan menentukan kelenturan, tekstur dan kenyamanan saat bermain gitar. Beberapa jenis bahan yang perlu diperhatikan saat memilih pick adalah sebagai berikut:

  • Celluloid, bahan yang paling sering digunakan untuk Suara gitar akan lebih tajam dan seimbang dengan pick ini, tapi bahan ini cukup mudah terbakar.
  • Nylon, bahan pick lainnya yang cukup sering digunakan. Umumnya bentuknya tipis dan cukup fleksibel.
  • Tortex, bahan yang dibuat menyerupai cangkang kura-kura yang sering digunakan sebagai pick jaman dulu. Dengan pick ini pemain bisa memetik dengan cepat dan pegangan yang baik.
  • Ultex, bahan dengan fleksibilitas yang baik dan bisa menghasilkan nada akord yang berat. Bahan ini cukup tahan lama dan bisa menghasilkan nada yang seimbang.
  • Kayu, pick yang keras dan terbuat dari kayu keras seperti bahan gitar. Pick ini biasanya cukup tebal dan bisa menghasilkan nada hangat.

Memilih Pick Gitar Berdasarkan Ketebalan

Cara yang terakhir adalah memilih berdasarkan ketebalan. Bagi beberapa pemain gitar, tebalnya pick ini cukup menentukan hasil suara gitar. Beberapa beranggapan tebalnya pick gitar bisa membuat pemain semakin nyaman saat memainkan gitar. Berikut ini beberapa jenis ketebalan pick gitar:

  • Extra thin, ketebalannya dibawah 0,4 mm. Tipe ini cocok untuk pemula dan gitaris akustik karena bisa menghasilkan suara yang lembut dan rata.
  • Thin, ketebalan sekitar 0,4-0,63 mm. Tipe ini cocok digunakan untuk memetik chord gitar akustik dengan bentuk yang fleksibel dan tidak setipis extra thin.
  • Medium, ketebalannya 0,63-0,85 mm. Tipe ini paling banyak digunakan gitaris dan cocok digunakan oleh pemula. Karena bentuknya yang tidak tebal dan tidak terlalu tipis akan menghasilkan suara yang cenderung
  • Heavy, ketebalannya 0,85-1,22 mm. Tipe ini cocok digunakan bagi pemain yang membutuhkan kekuatan ekstra pada senar gitar, biasanya digunakan untuk gitar listrik atau
  • Extra Heavy, ketebalannya diatas 1,22 mm. Tipe ini cocok digunakan jika menginginkan suara yang lebih keras dan sering digunakan oleh pemain gypsy jazz, bass dan gitar listrik.

Itulah 3 cara memilih pick gitar berdasarkan bentuk, bahan dan juga ketebalan. Saat memilih pick gitar harus mempertimbangkan bentuk bahan dan juga ketebalan. Karena pick harus disesuaikan dengan cara bermain dan kenyamanan pemain saat memetik gitar. Bagi pemula bisa mulai mempelajari cara memilih pick agar permainan gitar bisa semakin bagus dan maksimal.

Chord 3 Cara Memilih Pick Gitar Berdasarkan Bentuk, Ketebalan dan Bahan

Lihat Semua :