5 Rekomendasi Senar Gitar Untuk Pemula Paling Bagus



Aktif mengembangkan diri bagi para remaja memang harus dilakukan. Salah satu aktivitas pengembangan diri salah satunya yaitu bermain gitar. Berbagai lagu bisa diiringi oleh gitar, sehingga alat musik ini banyak diminati. Bagi para pemula, ada rekomendasi senar gitar untuk pemula yang bisa dipilih agar suara gitar yang dihasilkan bisa nyaring:

5 Rekomendasi Senar Gitar untuk Pemula

1. Senar dengan Extra Light Gauge

Memainkan alat musik gitar hingga mahir, tentu saja harus belajar banyak hal seperti mengenal kunci gitar, belajar cara memetik gitar, dan terus berlatih. Selain itu, pemilihan gitar juga penting untuk dilakukan. Karena ada banyak jenis gitar seperti gitar elektrik, akustik, dan lain-lain.

Tidak hanya jenis gitarnya saja yang perlu diperhatikan pemilihannya, namun senar gitar yang digunakan juga perlu disesuaikan. Senar gitar untuk pemain pemula tentu saja berbeda dengan pemain profesional. Para pemain pemula biasanya akan merasa sakit pada saat menekan senar dalam waktu yang lama.

Rasa sakit itu muncul karena jarinya yang tidak kuat menahan senar. Maka dari itu, perlu ada penggantian senar gitar yang sesuai dengan pemula. Salah satu rekomendasi senar gitar untuk pemula yang bisa dipakai yaitu senar extra light gauge. Senar ini mempunyai ketebalan tipis sehingga tidak perlu menekannya dengan keras. Ada banyak merknya, kamu bisa cari di marketplace kesayangmu.

2. Senar dengan Light Gauge

Rasa sakit pada saat menekan senar gitar, memang bisa hilang apabila para pemula tersebut biasa berlatih gitar. Namun tentu saja hal ini cukup menyulitkan bagi para pemula. Apabila tidak ingin merasakan sakit pada saat menekannya, maka salah satu pilihannya yaitu dengan mengganti jenis senar yang dipakai.

Senar gitar yang menyakitkan tersebut bisa diganti dengan senar light gauge. Light gauge memiliki ketebalan senar yang standar, jadi bisa direkomendasikan bagi para pemula untuk memakainya. Selain itu, biasanya gitar-gitar akustik yang dibeli dari pabrikannya juga menggunakan senar jenis ini. Jadi tidak perlu mengganti senarnya lagi.

Jika berdasarkan Merknya, berikut ini beberapa merk dan seri yang bisa kamu pilih.

1. D'Addario EZ910

Senar yang cocok bagi pemula yaitu senar yang tidak menyakitkan dan bisa menghasilkan suara yang nyaring. Memang ada beberapa senar yang tidak menyakitkan pada saat ditekan, namun kualitas suara yang dihasilkan tidak nyaring. Hal ini sebenarnya bisa diatur dengan melakukan pengaturan pada gitarnya atau biasa disebut dengan "stem gitar".

Salah satu senar yang bisa menghasilkan suara yang nyaring yaitu merk D'Addario. Ada banyak seri pada D'Addario, namun seri EZ910 Bronze Acoustic bisa dijadikan pertimbangan karena termasuk dalam light gauge. Ada manfaat yang bisa didapat bagi para pemula apabila menggunakan senar dengan kualitas suara yang nyaring. Salah satu manfaatnya yaitu bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam memainkan gitar.

2. Elixir 16027

Senar merk Elixir juga bisa direkomendasikan. Selain menghasilkan suara yang bagus, senar ini memiliki kelebihan. Kelebihan yang sangat diunggulkan yaitu senar ini memiliki anti karat. Antikarat ini bisa membuat senar menjadi lebih tahan lama dan membuat tidak gampang putus. Seri ini termasuk dalam custom light, dan memiliki nanoweb coating. Untuk harganya memang lebih mahal dibandingkan merk lainnya.

3. Pyramid

Salah satu senar murah yang bisa dipakai yaitu senar merk pyramid. Hal ini tentu sangat cocok bagi pembaca yang memiliki budget minim. Walaupun murah, kualitasnya tetap lumayan bagus dan cocok juga bagi pemula. Senar ini bisa juga dibeli satuan, jadi lebih murah untuk menggantinya jika putus.

Itulah rekomendasi senar gitar untuk pemula yang perlu diperhatikan. Selain mempertimbangkan senar, hal yang penting agar bisa bermain gitar yaitu rutin berlatih. Tidak ada hal yang praktis saat bermain gitar, semua dimulai dari latihan, latihan, dan latihan.

Chord 5 Rekomendasi Senar Gitar Untuk Pemula Paling Bagus

Lihat Semua :