Gitaris Fingerstyle Terkenal yang Telah Mendunia



Gitar akustik adalah instrumen utama bagi seorang gitaris yang menggunakan teknik fingerstyle. Teknik ini mengandalkan permainan di semua jari tangan. Hal inilah yang dianggap cukup sulit untuk dipelajari maupun dimainkan oleh pemula. Meskipun sulit, namun tidak sedikit gitaris akustik terbaik yang ada di dunia.

Seorang musisi memang akan menentukan pilihan instrumen yang sekiranya nyaman untuk dimainkan. Sedangkan gitar menjadi salah satu alat musik paling banyak digunakan, khususnya untuk gitar akustik.

Daftar Gitaris Fingerstyle Terkenal
Berbicara mengenai prestasi, beberapa daftar gitaris akustik yang ada di bawah ini mampu membuat siapapun terpikat. Melalui kemampuan yang dimilikinya maka dapat menghasilkan nada atau lagu yang sangat enak didengar. Siapa saja? Berikut ini beberapa gitaris akustik yang namanya telah dikenal di dunia.

1. Igor Presnyakov
Gitaris yang berdomisili dari Rusia ini mempunyai gaya bermain gitar yang memang tidak biasa. Setiap bunyi dari beberapa jenis instrumen bisa ditiru melalui satu gitar saja. Salah satu karya pria yang berasal dari Belanda ini yaitu video cover dari Skrillex dengan judul Scary Monster.

2. Jubing Kristianto
Jubing Kristianto adalah pria berasal dari Indonesia yang terkenal dengan petiknya yang klasik. Pria ini berasal dari Semarang dan setiap permainan Jubing mampu menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi para pendengarnya. Dirinya telah berkolaborasi dengan seniman yang lainnya seperti Christopher Abimanyu dan WS Rendra. Dengan kolaborasi tersebut, telah menghasilkan karya permainan dengan teknik fingerstyle.

3. Mike Dawes
Pada awalnya gitaris akustik ini menjadi pemain keyboard dan kini berpindah menjadi gitaris akustik. Penyanyi yang berasal dari negara Inggris ini naik daun setelah membawakan lagu Someday That I Used To Know dari goty. Setelah kepopulerannya tersebut membuat Dawes lebih sering melakukan konser bersama dengan fingerstyle gitaris yang lainnya.

4. Sungha Jung
Jika dibandingkan dengan gitaris akustik yang lainnya, Sungha Jung memang mempunyai usia yang tergolong masih muda. Namun, dirinya mempunyai kemampuan dalam menguasai teknik fingerstyle. Hal ini dibuktikan dari kemunculannya di YouTube yang menunjukkan bakat luar biasa yang telah dimilikinya.

Pria yang berasal dari Korea Selatan ini memiliki bakat dari keturunan sang ayah yang juga seorang gitaris klasik. Hanya dengan mendengarkan, melihat, dan mempelajari video berbasis fingerstyle membuat dirinya dapat menirunya dengan sangat mudah. Sungha Jung sangat konsisten pada style yang sudah dimilikinya. Hal ini terbukti dari deretan lagu yang berhasil di cover melalui konten youtube-nya.

5. Ewan Dobson
Gitaris akustik Ewan Dobson merupakan pria asal Kanada yang mempunyai cerita unik. Di balik dari rasa cintanya terhadap gitar dirinya mempunyai teknik yang cukup menarik hasil dari observasinya di beberapa video game yang mempunyai tema musik.

Dari situlah dirinya mulai mengembangkan kemampuan dalam mengolah jarinya. Dirinya memiliki teknik yang memang sulit dilakukan oleh orang lain. Hal ini berkat dari penyakit OCD dan ADHD yang diidapnya.

Beberapa video yang telah berhasil diunggah melalui akun Youtube-nya seakan-akan tidak menunjukkan bahwa dirinya mempunyai penyakit kelainan mental. Justru teknik skill fingerstyle yang dimilikinya memperlihatkan kesan yang sempurna.

6. Andi Mckee
Pria ini memiliki gaya permainan fingerstyle yang mana dirinya mulai terkenal melalui video yang diunggahnya di YouTube. Saat usia 13 tahun dirinya sudah mengenal gitar dan untuk gitar pertamanya tersebut ada yang menggunakan senar nilon.

Dari situlah dirinya mulai mencintai gitar kemudian mengembangkan permainannya secara otodidak. Andi juga mempelajari semua jenis teknik gitar akustik dan dirinya rela keluar dari sekolah hanya untuk mendalami teknik fingerstyle lebih jauh lagi.

Sebenarnya di Indonesia sendiri banyak sekali gitaris fingerstyle yang terkenal, seperti Tohpati, Balawan, dan juga tidak lupa Alip_Ba_Ta dan masih banyak lagi. Mungkin lain waktu akan kami buatkan artikel khusus yang membahas gitaris fingerstyle dari Indonesia.

Masing-masing orang pastinya mempunyai aliran yang tidak sama. Tiap gitaris mempunyai teknik tersendiri dalam menghipnotis para pendengarnya untuk bisa menikmati alunan nada yang disajikan.

Chord blog

Chord Gitaris Fingerstyle Terkenal yang Telah Mendunia

Chord Kunci Gitar lainnya:
Lihat Semua :