Macam Macam Senar Gitar dan Rekomendasinya



Alat musik paling populer di kalangan pecinta musik adalah gitar. Pasalnya gitar sering dijadikan sebuah ikon saat membahas musik. Jadi, tidak heran jika banyak juga orang mulai belajar memetik gitar. Namun ternyata senar gitar tidak hanya satu jenis saja. Berikut macam macam senar gitar yang perlu diketahui:

Macam-Macam Senar Gitar Berdasarkan Bahan

Ternyata ada banyak macam macam senar gitar yang bisa dipilih. Banyak perbedaan senar gitar satu dengan yang lain, salah satunya adanya perbedaan dari bahan yang digunakan dalam pembuatan senar tersebut. Berikut ini macam senar gitar berdasarkan bahannya:

1. Senar Nylon

Untuk bahan dalam pembuatan senar gitar yang pertama ada Senar Nylon. Adapun jenis gitar yang menggunakan bahan dari Nylon akan jauh lebih ringan daripada gitar akustik steel. Kemudian untuk jenis gitar yang satu ini akan jauh lebih rendah daya tegangnya dari pada saat menggunakan jenis gitar dengan senar baja.

Namun, penggunaan senar Nylon yang digunakan dalam bahan senar gitar akan jauh lebih menguntungkan. Pasalnya tidak akan mudah berkarat. Senar Nylon akan lebih cocok jika digunakan pada gitar dengan neck yang jumlah fletnya lebih tebal dan kecil. Juga cocok jika digunakan untuk mengiringi folk yang lembut dan lambat.

2. Senar Nikel

Selanjutnya ada gitar yang menggunakan senar dari bahan nikel. Dimana penggunaan senar gitar dari bahan ini akan memunculkan karakter suara yang lebih beragam. Pasalnya untuk ukuran senar nya juga lebih besar. Adapun tipe musik yang cocok untuk menggunakan gitar tipe ini adalah musik blues.

Namun tidak jarang ada juga yang melapisi senar nikel tersebut dengan baja. Sehingga suara yang akan muncul lebih rendah dan respon lebih low-end. Akan tetapi suara khas dari nikel tidak akan hilang.

3. Senar Baja

Pada gitar yang menggunakan senar dari baja akan memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan senar dari bahan lain. Untuk senar baja sendiri, pada umumnya akan menghasilkan suara dengan karakter respon high-end yang jauh lebih tinggi. Jadi, bisa dikatakan gitar dengan bahan baja ini akan cocok jika digunakan untuk mengiringi musik bergenre metal, country dan rock.

4. Senar Brass dan Bronze

Selanjutnya ada senar gitar yang terbuat dari kuningan dan perunggu. Namun, orang lebih mengenalnya dengan istilah senar bronze 80/20. Dimana angka tersebut menunjukkan kadar paduan antara perunggu dan kuningan. Adapun jenis gitar yang biasanya menggunakan senar ini adalah gitar akustik.

Rekomendasi Merk Senar Gitar

Setelah memahami macam macam senar gitar berdasarkan jenis bahan yang digunakan, maka saatnya pembaca juga mengetahui merk senar gitar yang cukup direkomendasikan. Adapun merk yang pertama adalah senar gitar dari Elixir. Untuk senar gitar yang diproduksi disini sudah berstandar tinggi. Jadi tidak heran jika senar gitar merk ini mendunia.

Selanjutnya ada merk Ernie Ball, selain memiliki senar akustik terbaiknya juga dikenal memiliki senar elektrik yang kualitasnya bagus juga. Kemudian senar gitar merk Martin. Untuk merk ini ada dua jenis tipe andalannya yaitu senar martin M140 dan MSP4100 S. Dan yang terakhir ada senar gitar akustik Pyramid, merk ini lumayan populer dikalangan gitaris pemula.

Demikian itu pembahasan mengenai macam macam senar gitar. Ternyata senar gitar ada berbagai macam bahan. Selain itu, juga telah direkomendasikan beberapa merk senar gitar yang berkualitas terbaik. Jadi, saat gitar di rumah rusak pemilik tidak akan salah pilih karena sudah mengetahui macam-macamnya.

Chord Macam Macam Senar Gitar dan Rekomendasinya

Lihat Semua :