5 Tips Memilih Bass agar Sesuai dengan Kebutuhan



Bass adalah alat musik yang fungsinya sebagai pendukung dalam sebuah lagu. Meski sebagai pendukung, keberadaan bass bisa membuat lagu lebih enak didengar. Sebab itulah, saat hendak melakukan pembelian, seseorang wajib tahu dulu tips memilih bass yang tepat. Agar musik yang dihasilkan nanti benar-benar pas dan mampu mengesankan bagi orang-orang yang mendengarnya.

5 Tips Memilih Bass yang Baik dan Benar

Lantas apa sajakah tips yang wajib diperhatikan tersebut? Penasaran dan mau tahu lebih jelas mengenai informasinya? Baiknya simak uraian asyik di bawah ini dengan cermat! Lantaran di sini akan dijabarkan uraian tentangnya secara terperinci, sebagai berikut:

1. Pilih Jenis Bass yang Mudah Dimainkan dan Sesuaikan dengan Postur

Tips memilih bass yang pertama tentu saja menentukan jenis bass yang mudah dimainkan terutama bagi pemula. Terdapat beberapa jenis bass yang banyak digunakan para pemusik, yakni dua di antaranya adalah jazz bass dan precision bass. Bagi pemula, sebaiknya memilih jazz bass karena dinilai lebih mudah dimainkan dibandingkan jenis bass lainnya.

Selanjutnya, setiap pemusik memiliki postur tubuh berbeda, dan hal ini juga berpengaruh saat memilih bass yang akan digunakan. Bass memiliki beberapa ukuran yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan postur tubuh tersebut. Sebaiknya pilih juga bass yang pas dengan postur, agar mudah dalam memainkannya. Terutama jika memainkannya dengan posisi berdiri.

2. Lihat Bahan yang Digunakan dalam Pembuatan Bass

Kebanyakan bass dibuat dari berbagai jenis kayu yang berbeda. Wajib dipahami, bahwa setiap kayu memiliki ketahanan kualitas berbeda. Selain itu, perbedaan juga ditengarai dapat menghasilkan suara yang fluktuatif, seiring pergantian cuaca dan kondisi penyimpanan. Jadi baiknya pilih bass yang dibuat dengan kayu berkualitas agar awet dan suaranya tidak mudah berubah.

3. Perhatikan Body Bass dengan Teliti

Tips memilih bass ini juga tidak kalah penting yakni dengan meneliti body bass. Salah satu yang paling penting diperhatikan yakni di bagian neck pada bass. Sebaiknya neck memiliki kondisi yang bagus dan tidak ada cacat. Selain itu, neck juga harus lurus karena akan berpengaruh pada kualitas suara yang didapatkan nanti.

4. Sebaiknya Pilih Bass Sesuai Kebutuhan

Perlu diketahui bahwa bass ada yang dibentuk untuk 4 senar, 5 senar, dan 6 senar. Perbedaan tersebut membuat nada yang dihasilkan juga berbeda sesuai kebutuhan dalam bermusik. Bass 4 senar memiliki nada paling rendah, sedangkan bass 5 senar dan 6 senar memiliki nada yang lebih tinggi.

Bagi pemula biasanya diawali dengan belajar bass 4 senar. Oleh karena itu, pilih bass yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bermusik. Namun, tidak masalah juga memilih bass 5 atau 6 senar. Terlebih, jika sudah mempelajari semuanya. Intinya, pilih sesuai dengan kebutuhan dan lagu yang akan dimainkan.

5. Pilih Model Bass dengan Bridge Senar yang Mudah

Biasanya saat senar bass putus, maka salah satu cara menggantinya yakni dengan memasukan senar ke bagian bawah bridge. Namun, kini banyak model bridge pada bass yang lebih memudahkan pemain untuk melakukan penggantian saat senar terputus. Jadi saat memilih bass, sebaiknya perhatikan model bridge yang terpasang pada bass sebagai upaya preventif atas hal-hal buruk yang berkaitan dengan senar.

Itulah lima tips memilih bass untuk yang baru belajar agar bisa menentukan bass mana yang berkualitas. Bagaimana, rekomendasi tips yang telah diuraikan tersebut, sangat praktis untuk dipahami dan dijalankan bukan? Jadi, jangan sampai terlewatkan ketika melakukan pembelian. Tentunya agar bass yang terbeli benar-benar menghasilkan suara musik yang paling optimal!

Chord 5 Tips Memilih Bass agar Sesuai dengan Kebutuhan

Lihat Semua :