Fungsi Capo pada Gitar dan Cara Penggunaannya



Fungsi capo gitar yaitu untuk memudahkan gitaris menentukan nada tanpa melakukan stem ulang. Pada umumnya, bentuk capo mempunyai fungsi untuk menjepit atau menekan senar pada fret tertentu. Penggunaan capo ini sangat mudah, tinggal dijepitkan pada seluruh senar dalam 1 fret pada waktu bersamaan dan nada yang dihasilkan pada gitar akan berubah sesuai yang diinginkan. Hal inilah yang mampu menciptakan suara lebih tinggi dibandingkan dari nada sebelum.

Fungsi Capo Gitar

Sebelum menggunakan capo, pastikan terlebih dahulu bahwa gitar harus berada dalam kondisi yang sudah di stem. Lihat juga cara stem gitar di website ini. Alasannya, apabila gitaris menyetem gitar saat capo menjepit fretboard maka senar dan karet pada capo akan cepat rusak karena jepitan capo sangatlah kuat.

Terkadang ketika melepas capo bisa menimbulkan senar fals, sehingga ingatlah untuk melakukan pemeriksaan di bagian steman setiap kali memasang maupun melepas capo yang sudah digunakan sebelumnya.

capo gitar chordindonesia

Berikut ini fungsi Capo gitar yaitu:

1. Mengubah Kunci / Chord Lagu
Saat kamu menemui chord dengan nada yang belum sesuai dengan nada vokalmu, capo ini sangatlah berguna untuk memudahkan kamu mengubah nada pada gitar tanpa ribet-ribet menyetem ulang gitar. Bahkan gitaris juga bisa memindahkan capo pada fret manapun. Caranya dengan menggeser atas maupun ke bawah fret hingga menemukan kunci atau fret yang pas dengan suara vokal. Dengan hal ini, maka saat bernyanyi mampu menghasilkan nada yang harmonis dengan mudah.

2. Untuk Memperjelas Nada Gitar
Salah satu alasan mengapa para gitaris lebih tertarik menggunakan capo gitar yaitu untuk memperjelas nada pada gitar. Orang yang menggunakan capo memang tidak ada hubungan pada rentang vokal. Pada saat capo diletakkan di fret yang tinggi, maka gitar mempunyai suara yang lebih jelas dan cerah, bahkan bisa terdengar seperti mandolin.

3. Mengakali Fret yang Rusak
Pada gitar terkadang dijumpai beberapa masalah. Terlebih lagi apabila gitar tersebut sudah berumur tua. Kerusakan yang terjadi tersebut bisa saja dikarenakan gitar yang mulai tidak presisi. Hal inilah yang menjadikan senar gitar tidak bisa beresonansi secara sempurna. Pada akhirnya nada yang dihasilkan akan terdengar cempreng. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka cara yang paling mudah yaitu dengan pemasangan capo pada posisi yang lebih maju dari posisi fret yang mengalami masalah. Nada gitar akan menjadi lebih tinggi dari nada sebelumnya.

4. Menghemat Senar
Saat memainkan gitar dengan nada tinggi memang tidak jarang banyak gitaris yang menyetem gitarnya cukup tinggi. Padahal cara ini cukup beresiko jika dilakukan. Resiko yang bisa saja terjadi yaitu tabung gitar tertarik karena tarikan senar yang cukup kencang setelah itu juga membuat senar lebih cepat putus. Konsekuensi yang lebih parah yaitu membuat gitar menjadi lebih cepat rusak dan neck gitar melengkung. Jika menginginkan nada yang tinggi, maka disarankan untuk menggunakan capo.

Memang ada banyak sekali teknik yang bisa dimanfaatkan agar bisa menciptakan variasi saat bermain gitar. Salah satunya yaitu dengan penggunaan capo gitar. Fungsi Capo gitar memang cukup membantu para gitaris, supaya bisa menciptakan nada tinggi tanpa beresiko.

Pada website chordindonesia.com ini banyak dijumpai chord dengan menggunakan capo. Pernahkan kamu bertanya maksudnya capo ini bagaimana ? Nah, disini akan kami jelaskan.

Misalkan kamu ingin memainkan sebuah lagu tetapi setelah di cari chord lagunya di mulai dari A#m. Untuk yang baru belajar biasanya chord-chord gantung/tegak,kres/cis seperti itu akan menyusahkan ketika sedang memainkan gitar. Dengan menggunakan capo, kamu bisa menaikkan nadanya menjadi dimulai dari "Am" dengan menjepitkan capo pada fret ke 1, yang mana untuk pemula chord tersebut lebih mudah dimainkan dibandingkan dengan A#m.

Untuk mudah mengingatnya seperti ini:

A A# B C C# D D# E F F# G G#
(diatas dibaca dari kanan ke kiri)

Catatan:
A# disini bisa Mayor / Minor
A# dan Bb , C# dan Db , D# dan Eb , F# dan Gb , G# dan Ab itu chordnya sama.

Contohnya penerapannya seperti ini :
- A# jika ingin ganti ke A maka tambah 1 fret / letakkan capo di fret 1
- A# jika ingin ganti ke G# atau Ab maka tambah 2 fret / letakkan capo di fret 2. Karena melewati A (1 fret) ditambah di G#/Ab (1 fret) (lihat diatas)
- A# jika ingin ganti ke G maka tambah 3 fret / letakkan capo di fret 3. Karena melewati A (1 fret) ditambah melewati G#/Ab (1 fret) ditambah di G (1 fret)

Sampai sini semoga kamu sedikit paham ya mengenai penggunaan capo. Jika ingin lebih mengetahuinya kami sarankan kamu langsung praktek saja. Pilih lagu pada website ini yang chordnya telah kami tambahkan versi pakai capo, pasang capomu sesuai yang telah kami tambahkan di halaman tersebut. Mainkan lagunya dan iringi dengan gitarmu dengan capo yang telah terpasang.

Chord blog

Chord Fungsi Capo pada Gitar dan Cara Penggunaannya

Chord Kunci Gitar lainnya:
Lihat Semua :