5 Cara Belajar Bermain Gitar bagi Pemula



Gitar merupakan alat musik sejuta umat, karena suara yang dihasilkan sangat indah dan dapat diterima berbagai kalangan. Termasuk juga berbagai macam genre musik dari yang tradisi sampai yang modern, atau bahkan yang berjenis kontemporer sekalipun.

Tak heran saat ini banyak yang mencari cara belajar bermain gitar secara otodidak. Sebenarnya, belajar bermain gitar bisa dilakukan secara mandiri atau otodidak, cukup dengan mengikuti instruksi praktis berikut ini:

1. Tentukan Cara Bermain

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan style atau gaya bermain gitar seperti apa yang nyaman bagi pemula. Gaya bermain ini mencakup cara memetik hingga cara memegang gitar. Ini penting dilakukan di awal supaya gitaris tidak kesusahan dalam mempelajarinya. Cara petikan gitar yang nyaman bagi pemula biasanya dipengaruhi dari tempat dan posisi saat bermain gitar.

Pilihlah tempat yang nyaman, usahakan untuk duduk supaya tumpuan gitar tidak terpaku pada tangan. Di mana ini akan menyebabkan kelelahan saat belajar. Posisi lain yang bisa dilakukan yaitu dekatkan badan gitar hingga menyentuh perut dan dada. Kemudian pegang leher gitar dengan tangan kiri. Usahakan jari membentuk huruf V dengan ibu jari di bagian belakang dan sisanya di depan.

2. Setel Kunci Gitar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum belajar bermain gitar adalah harus bisa terlebih dahulu menyetel kunci gitar. Karena suara gitar yang keluar ditentukan dari kunci gitar yang disetel dengan tepat. Urutan kunci gitar yang harus dihafal dari urutan senar paling tebal (terletak paling atas) dari senar yang paling tipis (terletak di bawah) yaitu E, A, D, G, B, E.

Selanjutnya mengatur tuner yang ada di ujung gagang kunci. Aturlah sesuai kebutuhan. Jika ingin nada yang tinggi atur tuner dengan kencang, sebaliknya jika menginginkan nada yang rendah, longgarkan tuner. Jika masih bingung, bisa melihat tutorial atau meminta bantuan pada teman yang sudah mahir membaca kunci.

3. Pelajarilah Melodi

Setelah berhasil memahami kunci-kunci dasar dari gitar, cara belajar bermain gitar yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mempelajari melodi gitar. Tahapan ini terbilang cukup sulit, karena harus bisa membaca not. Dengan mempelajari not, akan mempermudah mengenali melodi sehingga mudah pula dalam mengaplikasikannya.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk belajar petikan dengan membaca not yaitu cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Cara ini dilakukan dengan membaca not pada tabel-tabel yang tersedia. Selanjutnya, pahami scale. Ini akan membuat mudah dalam menebak not. Namun, perlu dipahami bahwa scale yang paling sering digunakan adalah pentatonic scale.

4. Latihlah Memori Otot

Jika sudah dapat menentukan posisi nyaman, serta bisa membaca not, selanjutnya adalah membiasakan jari dengan memetik kunci gitar. Ini disebut dengan memori otot tangan. Di awal belajar memetik kunci gitar, pasti akan terasa sakit dan tidak nyaman, namun jika sering mencobanya, otot jari akan terbiasa dan tidak ada rasa sakit setelahnya.

5. Perhatikan Pemilihan Lagu

Bagi pemula yang sedang belajar bermain gitar, usahakan untuk memilih lagu yang mudah. Maksud mudah di sini adalah lagu yang memiliki kunci gitar yang sederhana dan tidak terlalu banyak variasi. Ini akan membuat lebih mudah dalam mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara belajar bermain gitar bagi pemula. Untuk setiap tahapannya, bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Yang perlu diingat, untuk belajar bermain gitar harus konsisten dan kontinu, agar bisa cepat beradaptasi.

Chord 5 Cara Belajar Bermain Gitar bagi Pemula

Lihat Semua :