Pengertian Alat Musik Melodis Beserta Cara Memainkan dan Fungsionalnya



Paham mengenai pengertian alat musik melodis merupakan hal yang wajib bagi orang yang hendak menekuni dunia musik. Lantaran, jenis alat musik ini memiliki peranan penting dalam sebuah lagu, baik saat dimainkan sendiri maupun dikolaborasikan dengan jenis alat lain.

Contoh alat musik melodis yang sering ditemukan sehari-hari dari kelompok modern adalah gitar, terompet, piano, dan sebagainya. Selain itu, ada pula contoh alat musik melodis dari kelompok tradisional, yakni angklung, sasando, kecapi, dan berbagai alat musik lainnya.

Agar lebih mengenal mengenai jenis alat musik ini, maka berikut akan disajikan penjabarannya secara lebih lengkap. Jadi, dengannya pastikan untuk menyisihkan sedikit waktu untuk membaca, supaya tidak ketinggalan sedikitpun informasi pentingnya!

Sekilas Mengenai Alat Musik Melodis

Secara sederhana pengertian alat musik melodis dapat dimengerti sebagai sebuah perangkat musik yang mampu mencipta bunyi melodis. Melodi-melodi yang dimainkan ini disusun dari berbagai aspek seperti nada tinggi, nada rendah, pola nada, dan sebagainya. Kesatuan dari unsur ini akan membentuk suatu lagu yang lebih enak untuk didengar.

Seperti yang dituliskan di atas ada banyak contoh dari alat musik melodis ini. Masing-masing punya teknis menghasilkan bunyi yang unik dan berbeda. Yakni ada yang mengharuskan pemain untuk memetik, memukul, menggesek atau yang lain. Tentunya dengan memperhitungkan kunci-kunci tertentu yang khas.

4 Cara Menghasilkan Bunyi Alat Musik Melodis

Seperti yang diterangkan sebelumnya, ada berbagai alat musik melodis dapat dimainkan. Hal ini bergantung juga dengan bentuk dari alat musiknya sendiri. Berikut ini adalah cara-cara alat musik melodis menghasilkan bunyi:

1. Dengan Cara Dipetik

Alat musik ini bisa mendapatkan nada dengan cara dipetik. Ciri utama dari alat musik ini adalah adanya senar yang menjadi sumber bunyi utama. Senar bisa dipetik langsung dengan jari maupun menggunakan alat bantu lain. Contoh alat musik melodis petik adalah gitar dan kecapi.

2. Dengan Cara Digesek

Sama seperti alat musik melodis petik yang memiliki senar. Namun, senar pada alat musik ini akan menghasilkan bunyi jika digesek dengan sebuah alat bantu bernama dawai. Dawai ini bisa terbuat dari bahan yang lebih solid seperti kayu. Contohnya adalah biola.

3. Dengan Cara Dipukul

Ragam alat musik melodis ini dapat mewujudkan bunyi dengan teknik dipukul baik dengan tangan secara langsung maupun dengan alat bantu. Banyak bentuk dari alat musik pukul di Indonesia misalnya adalah rebana, kenong, bonang, gambang, dan semacamnya.

4. Dengan Cara Digoyang

Cara menghasilkan bunyi alat musik ini cukup unik yaitu dengan digoyangkan. Di Indonesia sendiri, alat musik angklung menjadi contoh nyata alat musik melodis satu ini. Di mana musik yang dihasilkan berasal dari benturan aneka komponen yang menyusun alatnya hingga menghasilkan nada tertentu yang sangat khas dan indah.

Fungsi Alat Musik Melodis

Dalam kaitannya dengan sebuah komposisi lagu, alat musik melodis mempunyai peranan yang sangat vital. Lantaran luasnya jangkauan nada yang didapatkan oleh alat musik ini, memungkinkannya untuk menghidupkan nada lagu. Baik ketika dimainkan solo maupun dalam kolaborasi bersama kelompok. Dengan fungsi tersebut, bisa dikatakan alat musik melodis adalah nyawa yang mengisi setiap detak yang diwujudkan oleh alat musik ritmis.

Demikianlah tadi pengertian alat musik melodis berikut dengan pembahasan mengenai cara memainkan dan fungsinya. Ternyata ada berbagai cara memainkan alat musik jenis ini. Fungsinya dalam memainkan lagu pun terbilang sangat penting. Sekarang orang-orang menjadi lebih jelas mengenai jenis alat musik satu ini.

Chord Pengertian Alat Musik Melodis Beserta Cara Memainkan dan Fungsionalnya

Lihat Semua :