Pengertian Alat Musik Tradisional dengan Berbagai Tinjauan



Alat musik tradisional, barangkali istilah ini sudah sering terdengar di telinga. Namun tahukah, apa sebenarnya pengertian alat musik tradisional tersebut? Lalu apa saja karakteristik dasar yang ada padanya sehingga layak disebut tradisi? Membicarakan pengertian ini ternyata memang sangatlah kompleks, karena harus melalui berbagai macam tinjauan, seperti yang diterangkan berikut:

1.Pengertian Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut yang tercantum di Kamus Besar dari Bahasa Indonesia (yang biasa disingkat KBBI), suatu kata "tradisional" merujuk pada semua yang terkoneksi super erat dengan tradisi dan budaya. Di pemahaman lain "tradisional" memiliki arti sesuatu yang telah ada semenjak waktu silam dan masih mampu bertahan sampai saat ini.

Alat musik itu bisa jadi suatu karya seni tradisional karena memang sudah ada silam semenjak waktu dan diwariskan secara turun-temurun sampai sekarang ini. Sehingga didapatkan, pengertian alat musik tradisional secara umum, merujuk pada KBBI ialah jenis instrumen musik yang berupa benda tradisi. Ini telah ada semenjak beberapa periode nenek moyang dan masih ada sampai sekarang ini sebagai satu culture heritage.

2. Pengertian Menurut Budaya Tertentu

Suatu alat musik tradisional akan sangat identik dengan keberadaan suku ataupun budaya masyarakat khusus. Contohnya pada masyarakat suku Sunda yang punya musik warisan bernama angklung. Contoh lain orang-orang suku Minahasa yang berdiam di Sulawesi Utara masih melestarikan keberadaan kolintang sebagai hasil budaya dari leluhurnya.

Kondisi penduduk Indonesia yang teramat beragam, menyebabkan ada sangat banyak alat musik tradisional yang tidak sama. Menurut keberadaan banyak budaya ini bisa dikatakan musik tradisional ialah musik yang identik dengan suku bangsa tertentu.

3. Pengertian Menurut Definisi Alat Musik

Pengertian alat musik tradisional juga dapat diperhatikan dari pengertian yang clear tentang definisi alat musik dan pengertian "tradisional" itu sendiri. Menurut beberapa sumber, istilah alat musik sering punya makna lebih luas dari sekedar instrumen yang dipakai dalam pertunjukan musik. Definisi alat musik ialah semua instrumen yang dapat digunakan untuk menciptakan nada dan irama. Agar nada dan irama terdengar indah maka pada instrumen musik dibikin suatu aturan tertentu.

Suara yang terdengar harmonis ini yang membedakan antara benda yang digolongkan sebagai alat musik dengan benda yang bukan alat musik. Misal satu kayu yang dipukul secara acak akan menimbulkan suara. Walaupun demikian, karena suara yang keluar tidak teratur, maka tidak dapat digolongkan sebagai musik. Lain halnya dengan kolintang yang sama-sama dari kayu tapi menimbulkan suara yang beraturan.

Karena itu kolintang berdasar pengertian alat musik tradisional dapat dikategorikan sebagai salah satu alat musik tradisional. Alat musik tradisional bisa dikelompokkan dalam beberapa golongan berdasar cara memainkannya seperti alat musik petik, gesek, tiup, pukul, goyang dan tepuk.

4. Pengertian Menurut Daerah Asalnya

Suatu alat musik disebut tradisional juga berdasar kenyataan bahwa instrumen musik itu berkembang dengan cara diturunkan dari generasi ke generasi pada suatu daerah tertentu. Music instrument ini jamak dipakai guna memberi iringan pada event budaya yang dipelihara penduduk daerah tertentu.

Jadi bisa dikatakan pengertian alat musik tradisional ialah instrumen musik yang dikreasikan dan dikembangkan pada suatu daerah. Bahan untuk membuat musical instrument itu bisa jadi adalah sumber daya yang ada di daerah tersebut

5.Pengertian Menurut Fungsinya

Alat musik tradisional sebagian besar memiliki fungsi tertentu contoh adegan sendratari akan lebih menarik jika diiringi alat musik gamelan. Alat musik tradisional bisa juga berperan mengiringi acara adat di banyak daerah di Indonesia. Fungsi lain adalah sebagai alat komunikasi seperti musik kentongan, bedug saat ramadhan, juga sebagai alat kreasi dan ekspresi diri, pada upacara kematian atau kelahiran.

Demikianlah pengertian alat musik tradisional yang ternyata dapat ditinjau dari banyak aspek. Mulai dari pengertian dasar alat musik, sampai pada hal-hal yang merujuk identitas budaya yang dimiliki oleh suatu daerah. Bagaimana? Sekarang sudah paham mengenai pengertian jenis alat musik ini bukan?

Chord Pengertian Alat Musik Tradisional dengan Berbagai Tinjauan

Lihat Semua :