5 Rekomendasi Alat Pembersih Gitar yang Aman Buat Gitar



Seperti tubuh manusia, gitar juga memerlukan perawatan. Perawatan pada gitar tentu tidak seperti manusia yang membutuhkan air dan sabun. Gitar tentunya memiliki alat pembersih gitar tersendiri. Alat pembersih untuk gitar ini umumnya dijual di berbagai toko musik dan toko gitar baik online maupun offline.

5 Rekomendasi Alat Pembersih Gitar yang Bagus

Banyak pemain gitar yang tidak menyadari akan pentingnya perawatan gitar. Padahal merawat gitar merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang usia gitar. Semakin perawatannya bagus, maka gitar akan semakin awet. Berikut adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan gitar:

1. Dunlop Body & Fingerboard Cleaning Kit

Jika membeli alat pembersih satu ini, maka player akan mendapatkan 2 jenis dalam satu paket. Kedua hal itu adalah minyak lemon dan juga semir. Minyak lemon digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada pada gitar. Sementara semir digunakan untuk memoles gitar agar lebih mengkilap.

Minyak lemon dari produk ini dapat mengangkat kotoran bahkan pada celah terkecil pun. Selain itu minyak ini pun tidak meninggalkan residu yang dapat mempengaruhi penampilan gitar. Minyaknya pun dapat menjaga kondisi kayu gitar dan melindunginya pelapukan atau kerusakan.

2. D'Addario Accessories Instrument Care Kit

Alat kedua yang wajib menjadi pertimbangan adalah D’Addario Accessories Instrument Care Kit. Alat ini terdiri dari satu set alat kebersihan. Player akan mendapatkan 3 alat poles, 1 pembersih senar, kain berbahan serat mikro, sandaran kepala, dan lain sebagainya.

Alat poles dari produk ini dapat digunakan secara bertahap. Terdiri dari pembersih, lilin, dan detailer restoration. Pembersihnya tidak bersifat abrasif dan tidak mengandung alkohol. Selain itu pembersih fretboardnya sangat cocok untuk gitar rosewood. Sandaran kepala juga menjadi keuntungan jika ingin membersihkan di bagian yang lebih dalam.

3. Jim Dunlop Body and Fingerboard Cleaning Kit

Pembelian satu set Jim Dunlop Body and Fingerboard Cleaning Kit ini, akan mendapatkan 3 item di dalamnya. Item-item tersebut adalah pemoles formula 65 dunlop, minyak pembersih fretboard 65 ultimate, dan kain pembersih. Harga dari satu set ini pun terbilang murah.

Pemoles dari produk ini memiliki kualitas yang cukup baik. Dapat membersihkan secara menyeluruh dan tidak meninggalkan residu. Begitu pula minyak pembersih fretboardnya yang dapat mengangkat serta memecah kotoran dengan baik dan mudah. Alat ini sangat cocok untuk perawatan gitar rumahan.

4. Music Nomad MN108 Premium Guitar Cleaning Kit

Jika membeli satu set alat pembersih ini, maka akan mendapat 3 item yang berbeda. 3 Item diantaranya adalah formula pembersih, minyak fingerboard, dan juga kain pemoles. Meskipun hanya memiliki satu formula pembersih, tetapi formula ini bersifat all in one yang dapat digunakan untuk apapun.

Formula pembersih dari alat pembersih gitar ini banyak difavoritkan para musisi karena sangat aman untuk instrumen yang dipernis. Ini karena pembersih ini tidak akan meninggalkan goresan dan penggunaannya mudah. Minyak fingerboardnya juga terbuat dari bahan alami.

5. Gibson Vintage Reissue Restoration Kit

Membeli satu set produk Gibson Vintage Reissue Restoration Kit ini akan mendapatkan beberapa item. Diantaranya adalah cairan pembersih logam, kondisioner fretboard premium, krim pemulihan, kain pembersih microfiber, dan lain sebagainya.

Produk ini sangat cocok untuk gitar Gibson klasik. Ini karena alat pembersih ini akan dapat menjaga kondisi gitar dan juga memperbaharuinya sehingga terlihat lebih baik. Aroma dari setiap pembersihnya pun sangat enak sehingga gitar akan terasa lebih segar.

Kondisi gitar yang tidak terawat akan menurunkan performa gitar, mulai dari penampilan hingga suara. Untuk mencegah hal itu memang penting untuk memiliki alat pembersih gitar. Membersihkan gitar bukan hanya kebutuhan gitar saja, tetapi juga kewajiban pemilik gitar sebagai upaya menghasilkan musik yang baik.

Chord 5 Rekomendasi Alat Pembersih Gitar yang Aman Buat Gitar

Lihat Semua :