7 Tips Memilih Les Drum Terbaik



Saat ini drum jadi salah satu alat musik yang cukup banyak digemari. Meskipun bisa saja belajar drum secara otodidak, tapi tentu saja tak ada yang tahu seberapa mahirnya kamu bermain drum. Untuk itu bila kamu tertarik untuk belajar bermain drum, sebaiknya kamu memilih tempat les drum buat kamu mempelajari lebih dalam.

Meskipun banyak tempat les drum dimana-mana, tapi kamu wajib perhatikan tips berikut agar kamu tidak salah memilih tempat les drum.

Tips Memilih Les Drum

Inilah tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih tempat les drum.

1. Pilih Lokasi yang Terdekat dengan Tempat Tinggal

Tips pertama sebaiknya kamu pilih tempat les drum yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kamu dan mudah dijangkau dengan kendaraan. Sehingga tidak akan merepotkan kamu dan lebih hemat biaya transportasi.

2. Memiliki Guru yang Berpengalaman

Tips selanjutnya pastikan tempat les drum tersebut memiliki guru les yang profesional dan telah berpengalaman. Paling tidak, pengajarnya sudah memiliki sertifikat.

Guru yang bersertifikat pastinya telah profesional dan berpengalaman sehingga kita pun tak ragu lagi dengan pelatihan-pelatihan yang diberikannya.

3. Pastikan Memiliki Reputasi yang Baik

Berikutnya cek juga reputasi tempat les drum tersebut. Kamu dapat melihatnya lewat testimoni atau riset dari para alumni tempat les drum tersebut.

Tapi, kalau bisa lebih baik lagi mencari tempat les drum yang telah bekerja sama dengan beberapa event. Hal ini untuk menambah kepercayaan akan reputasi dari tempat les itu. Tapi bila tidak pun tidak mengapa.

4. Memberikan Free Tes Level

Free test biasanya dilakukan untuk menentukan sampai mana level kamu dan kemampuan kamu dalam bermain drum. Jangan sampai kamu dimasukkan di level pemula sementara sebenarnya kemampuanmu bermain drum sudah bagus. Hal ini tentunya agar waktu kamu untuk menghabiskan semua level bisa lebih singkat.

5. Memiliki Kelompok Kelas yang Sedikit Agar Belajar Lebih Fokus

Tips berikutnya dalam memilih tempat les drum terbaik adalah yang memiliki kelompok kelas kecil dengan sedikit murid. Hal ini tentunya agar kamu bisa lebih fokus belajar.

Jika kamu berada pada kelas dengan banyak murid, maka akan sulit fokus dan apa bedanya juga dengan sekolah umum. Sementara yang namanya les bersifat privat, dimana dalam satu kelas maksimalnya hanya ada 10 murid.

6. Bersertifikat

Memilih tempat les drum yang bersertifikat itu penting. Hal tersebut tentunya untuk menunjang kamu kedepannya. Bila tempat les tersebut tidak bersertifikat, maka sama saja kamu seperti belajar otodidak.

Kamu hanya bisa bermain drum saja tanpa memiliki sertifikat yang membuktikan keahlian kamu bermain drum. Ibaratnya anak sekolah lulus SMP tapi tidak punya Ijazah SMP. Maka tidak akan bisa diterima di SMA manapun meski telah menguasai materi SMP. Jadi, walaupun hanya les sertifikat itu sangat penting ya.

7. Memberikan Jadwal yang Fleksibel

Bila kamu termasuk orang yang padat aktivitas, maka pilih tempat les drum yang fleksibel tentunya jadi hal yang sangat penting. Karena jadwal kamu padat, jadi kamu harus pilih tempat les yang memberikan jadwal fleksibel, sehingga kamu bisa atur waktu les drum tanpa mengganggu jadwal kegiatan kamu lainnya.

Nah, itulah 7 tips memilih les drum terbaik buat kamu yang ingin menjadi penabuh drum terbaik dan turut meramaikan dunia musik tanah air. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi drummer walaupun tidak menutup kemungkinan latihan otodidak pun juga dapat menjadi profesional asalkan mau bersungguh-sungguh belajar.

Chord 7 Tips Memilih Les Drum Terbaik

Lihat Semua :