Cara Memainkan Gamelan serta Informasi Terkait!



Jika membicarakan alat musik tradisional, tentu akan menemukan gamelan. Hingga saat ini gamelan cukup terjaga dan dilestarikan dengan baik. Bahkan kepopulerannya hingga kancah internasional. Untuk bisa menghasilkan musik yang indah, harus tahu cara memainkan gamelan dengan benar. Simak penjelasannya!

Apa Itu Gamelan?

Sebelum membahas cara memainkan gamelan, mari kenali terlebih dahulu apa itu gamelan? Salah satu ansambel musik yang dihasilkan dari berbagai instrumen kemudian dibunyikan secara bersamaan.

Secara bahasa, gamelan diambil dari kata Jawa yang tidak lain adalah gamel. Kata tersebut memiliki arti memukul atau istilah lainnya menabuh. Untuk bisa menikmati pertunjukkan gamelan bisa ditemukan di berbagai daerah seperti Bali, Jawa, Lombok, Madura dan sebagainya.

Seperti yang diketahui, alat musik jenis tradisional sangat erat dengan adat dan budaya suatu daerah. Begitu pun halnya dengan gamelan yang semula digunakan untuk hal-hal yang sifatnya immaterial guna melakukan panggilan terhadap para dewa.

Namun, kini gamelan dilengkapi dengan instrumen lainnya bisa menghasilkan musik yang indah. Gamelan banyak digunakan untuk mengiringi pertunjukkan seni Sunda, seperti tarian Sunda dan juga wayang kulit.

Jenis Gamelan

Untuk bisa memainkannya secara benar, harus diketahui jenis gamelan yang beragam. Gamelan dibedakan berdasar pada komposisi alat yang akan digunakan. Adapun jenisnya antara lain:

  • Gamelan gedhe merupakan jenis gamelan yang dilengkapi dengan laras slendro dan pelog. Banyak digunakan untuk berbagai pertunjukan karawitan.
  • Gamelan wayangan, sesuai namanya, jenis gamelan ini banyak digunakan untuk pertunjukkan wayang.
  • Pakurmatan yang difungsikan sebagai musing yang mengiringi acara yang erat kaitannya dengan budaya suatu daerah.
  • Gamelan gadhon adalah jenis gamelan yang dilengkapi dengan berbagai instrumen seperti gambang, gender, siter, dan sebagainya.
  • Gamelan cokekan yaitu jenis lainnya dari gamelan yang digunakan khusus untuk ngamen.

Cara Memainkan Gamelan

Lalu, bagaimana cara memainkan gamelan? Sesuai namanya, gamelan bisa dimainkan dengan cara dipukul. Seperti yang disinggung sebelumnya, gamelan merupakan kombinasi dari berbagai instrumen sehingga menghasilkan musik yang indah. Untuk memainkannya yaitu:

1. Menabuh Gendang

Instrumen yang harus dimainkan dalam gamelan yaitu menabuh gendang. Keberadaan alat pelengkap ini menjadi salah satu pengatur setiap irama ataupun tempo. Gendang yang berlapis kulit hewan ini bisa ditabuh untuk menghasilkan irama yang diinginkan.

2. Memukul Gong

Selanjutnya, dalam memainkan gamelan tidak lepas dari alat pelengkap yang dinamakan gong. Alat ini bisa dimainkan dengan cara ditabuh/ dipukul. Fungsinya yakni memperkuat irama yang dihasilkan gendang.

3. Meniup Seruling

Selanjutnya, pemain harus meniup seruling yang umumnya dibuat dengan bahan bambu. Ciri khasnya yakni memiliki lubang untuk menentukan nada yang akan dikeluarkan. Jika dilihat dari peletakan lubang suling, terbagi dua jenis yakni pelog dan slendro.

4. Menabuh Gambang

Selanjutnya, tabuhlah gambang yakni alat pelengkap gamelan yang terbuat dari kayu dengan bilah yang tersusun. Bilah tersebut terdiri dari 18 bilah yang tersusun sesuai aturannya. Ketika ditabuh, alat ini akan membuat cengkok lagu semakin indah.

5. Menggesek Rebab

Ketika memainkan gamelan bisa dilengkapi dengan rebab yang cara mainnya yakni dengan digesek. Memiliki bentuk yang khas yakni bulat bertangkai sebagai pegangan pemainnya. Rebab bisa berfungsi untuk memberikan arahan terhadap lagu yang sinden nyanyikan.

Demikianlah ulasan terkait cara memainkan gamelan yang tidak lepas dari instrumen pelengkap yang memiliki cara penggunaan variatif. Selanjutnya, musik gamelan yang dihasilkan pun akan terdengar indah. Umumnya dilengkapi dengan nyanyian yang akan dibawa oleh seorang sinden.

Chord Cara Memainkan Gamelan serta Informasi Terkait!

Lihat Semua :