5 Perbedaan Keyboard dan Piano yang Jarang Diketahui



Tidak lengkap rasanya mendengarkan lagu atau sekedar instrumen tanpa komponen alat musik seperti keyboard ataupun piano. Kebanyakan orang di luar sana menganggap keyboard dan piano adalah dua alat musik yang sama.

5 Perbedaan Keyboard dan Piano yang Patut Diketahui

Meskipun cara memainkannya sama-sama menekan tuts, terdapat perbedaan keyboard dan piano yang harus diketahui. Kedua alat musik tersebut memiliki beberapa karakteristik yang tidak sama yakni;

1. Memiliki Struktur Tuts yang Berbeda

Perbedaan keyboard dan piano yang paling mencolok bagi orang yang paham terhadap alat musik tersebut adalah keduanya memiliki struktur tuts yang berbeda. Meski begitu tetap saja orang awam tidak begitu memperhatikan perbedaan tuts sebab terlihat sama saja. Piano memiliki susunan tuts dengan 200 senar, sehingga memiliki warna nada yang lebih beragam.

Selain itu, dalam memainkan piano tentunya membutuhkan tenaga ekstra pada jari-jari tangan, sebab tuts nya lebih keras daripada tuts pada keyboard. Sementara alat musik keyboard meski sekilas memiliki susunan tuts yang sama dengan piano, tetapi struktur tuts-nya lebih ringan dan mudah untuk ditekan. Setiap orang bisa dengan mudah mempelajari teknik bermain keyboard, tapi beda halnya dengan piano.

2. Menghasilkan Respon Bunyi dan Perasaan yang Berbeda

Alunan nada yang dihasilkan oleh piano bergantung pada kuat lemahnya tekanan yang dihasilkan pemainnya. Jadi, alat musik tersebut mengandalkan perasaan dari pemainnya. Sementara itu keyboard memiliki prinsip elektronik yang lebih praktis, sehingga nada yang keluar tetap sama meski ditekan dengan tekanan yang berbeda. Hal tersebutlah yang menjadi perbedaan keyboard dan piano paling mendasar yang harus diketahui.

Karena piano lebih berfokus pada peranan emosi dalam memainkannya, alat musik tersebut cocok untuk membangun suasana yang lebih intim dan personal. Sementara alat musik tipe keyboard cocok untuk suasana keceriaan, kegembiraan, atau sesuatu yang bersifat hangat dalam perkumpulan. Jadi, keyboard lebih dipilih sebagai instrumen penghibur ala musik rakyat, sementara piano lebih masuk ke dalam acara-acara formal.

3. Memiliki Perbedaan Jenis

Piano merupakan alat musik akustik, dimana hasil bunyi yang keluar berasal dari alat itu sendiri. Alat musik piano tidak memerlukan aliran listrik untuk mengoperasikannya. Hal ini karena, hasil bunyi alat tersebut berasal dari ketukan dawai oleh martil yang tersusun di badan piano. Sementara itu keyboard merupakan alat musik elektrik, sehingga membutuhkan aliran listrik untuk bisa mengoperasikannya.

4. Memiliki Fitur yang Berbeda

Piano tidak terlalu menyediakan fitur beragam, sebab alat musik tersebut diciptakan dan dikembangkan pada era sebelum teknologi berkembang pesat. Meski saat ini telah muncul piano elektrik ataupun hybrid cangkupan fitur masih tidak seluas keyboard. Sementara itu, keyboard diciptakan dengan memiliki fitur yang lebih kaya, sehingga bisa mengiringi bermacam-macam tipe lagu hanya menggunakan satu alat.

5. Memiliki Perbedaan Sifat dan Bentuk

Perbedaan keyboard dan piano yang terakhir bisa dilihat dari sifat kedua alat musik tersebut. Piano merupakan alat musik klasik yang bersifat eksklusif. Dalam penggunaanya juga lebih banyak menggunakan tenaga jari-jari tangan dan juga kaki untuk membantu menekan pedal di bagian bawah badan piano. Sementara keyboard bersifat otomatis yang hanya memerlukan pengaturan tertentu untuk merubah nada suara.

Dari segi bentuk, piano memiliki bobot yang besar sehingga hanya terbatas pada tempat-tempat tertentu. Harganya yang mahal juga menjadi faktor orang jarang memiliki alat musik tersebut. Sementara keyboard merupakan alat musik portable yang mudah dibawa kemanapun, sehingga alat musik tersebut sangat sering dijumpai pada acara-acara panggung statis maupun keliling.

Itulah perbedaan keyboard dan piano yang perlu diketahui. Piano dan keyboard menjadi alat musik yang cukup diminati. Tidak jarang juga selain sebagai penikmat, sebagian orang juga memutuskan untuk mempelajarinya. Sebelum itu, sangat disarankan untuk mengetahui karakteristik serta perbedaan yang terdapat pada kedua alat musik tersebut. Agar dapat disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan diri dalam mengembangkan bakat dan minat.

Chord 5 Perbedaan Keyboard dan Piano yang Jarang Diketahui

Lihat Semua :