4 Rekomendasi Amplifier Gitar Beserta Tips Memilihnya Untuk Pemula



Amplifier gitar adalah peralatan elektronik yang berguna sebagai pengeras suara ketika memainkan gitar elektrik. Oleh karena ketika memilih menggunakan gitar elektrik maka penting untuk memiliki amplifier. Untuk pemula perhatikan rekomendasi amplifier gitar berikut ini beserta tips untuk memilihnya:

Tips Memilih Amplifier Gitar

Sebelum memilih amplifier gitar, perlu diketahui beberapa macam amplifier yaitu amplifier tabung, transistor, digital dan hybrid. Keseluruhan amplifier itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Amplifier tabung menghasilkan suara yang lebih jernih tanpa treble dan suara yang melengking, namun amplifier jenis ini rapuh dan mudah rusak saat terkena benturan.

Sedangkan amplifier transistor menghasilkan suara yang lebih kasar dari amplifier tabung. Kelebihan dari amplifier jenis ini adalah bentuknya yang lebih kuat dan mudah untuk dirawat. Untuk amplifier digital dan hybrid memiliki teknologi yang lebih canggih.

Amplifier digital menggunakan processor yang dapat menghasilkan suara mendekati suara asli dan berbagai efek lainnya. Selain mengetahui jenis amplifier, sesuaikan juga dengan kebutuhan, dan produksi dari pabrik tertentu. Berikut ini beberapa tips dalam memilih amplifier:

1. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Memilih amplifier juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Pemilihan amplifier ini dapat dilihat dari watt yang digunakan, semakin besar watt yang digunakan maka suara yang dihasilkan juga semakin besar. Untuk itu perhatikan kebutuhan agar tidak salah memilih amplifier.

Rekomendasi amplifier gitar untuk di rumah bisa memilih dengan watt dibawah 10. Dengan ukuran 10 watt sudah cukup untuk para pemula yang berlatih di rumah. Untuk ukuran studio bisa memilih amplifier dengan watt 30 sampai 50. Sedangkan untuk kebutuhan panggung besar bisa menggunakan amplifier dengan ukuran 100 watt.

2. Memperhatikan Pabrik Produksi Amplifier

Selain mempertimbangkan tipe serta ukuran watt yang digunakan, bisa juga memilih amplifier berdasarkan pabrik pembuat amplifier, sebab setiap produsen amplifier mempunyai ciri khas masing-masing. Sebut saja Marshall yang mempunyai distorsi yang tajam sehingga cocok digunakan untuk musik rock. Fender dan Roland yang menghasilkan suara jernih tanpa gangguan dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Merek Amplifier Gitar

Setelah memperhatikan beberapa hal di atas, kini beranjak untuk mengetahui rekomendasi merek amplifier yang bisa dipilih. Rekomendasi amplifier gitar kali ini memiliki harga yang wajar dan cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar gitar. Berikut ini beberapa rekomendasi tersebut:

1. Vox Pathfinder 10

Amplifier gitar ini cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar gitar dan memainkannya di rumah. Dengan ukuran 10 watt suara yang dihasilkan tidak akan terlalu mengganggu penghuni rumah lain. Vox menghadirkan amplifier dengan gaya khas vintage yang keren. Vox juga dikenal mempunyai hasil suara yang jernih dan treble yang enak untuk didengar.

2. Marshall MS 2

Marshal MS 2 adalah amplifier mungil yang bisa menjadi andalan para pemula gitar elektrik. Dengan output 1 watt amplifier ini cocok digunakan untuk berlatih di rumah atau digunakan untuk penampilan dalam skala kecil. Meskipun kecil namun jangan diragukan, Marshall dapat menghasilkan suara yang kuat dan jernih.

3. Yamaha GA1511

Amplifier yang satu ini juga dilengkapi dengan AUX sehingga ketika berlatih dapat diiringi dengan musik Mp3. Tak salah jika amplifier digunakan untuk para pemula yang masih berlatih. Dengan ukuran 15 watt, amplifier ini siap membantu untuk berlatih hingga siap untuk tampil.

4. Marshall MG10CF

Jika bercita-cita menjadi gitaris rock bisa mencoba amplifier yang satu ini. Marshall memang cocok digunakan untuk musik rock. Dengan ukuran yang kecil, amplifier ini memiliki kapasitas 10 watt dan dilengkapi dengan dua saluran untuk clean dan overdrive. Amplifier ini juga mempunyai saluran mp3 yang bisa membantu saat berlatih.

Itu tadi adalah beberapa tips untuk memilih amplifier gitar beserta rekomendasi amplifier gitar yang cocok untuk pemula. Untuk para pemula bisa sebaiknya memperhatikan kualitas amplifier namun juga memperhatikan harga. Ketiga rekomendasi di atas memiliki harga dibawah 2 jutaan yang masih affordable untuk para pemula.

Chord 4 Rekomendasi Amplifier Gitar Beserta Tips Memilihnya Untuk Pemula

Lihat Semua :