Macam Macam Gitar Berdasarkan Jenisnya



Gitar adalah salah satu alat musik berdawai yang dimainkan dengan dipetik menggunakan jari atau plektrum. Gitar dibentuk dengan bagian body serta bagian neck yang padat sebagai tempat senarnya. Biasanya jumlah senar pada gitar ada 6.

Gitar dibedakan dalam 4 jenis yaitu gitar akustik, gitar bass, gitar elektrik dan gitar mini. Keempat jenis gitar tersebut memiliki macamnya masing - masing. Berikut kita bahas satu persatu macam macam gitar dari keempat jenis tersebut.

Macam macam Gitar Akustik

Macam macam gitar akustik, yaitu :

1. Gitar Klasik
Gitar klasik atau sering juga disebut dengan gitar spanyol merupakan jenis gitar akustik yang populer. Gitar ini memiliki senar yang terbuat dari nilon. Bagian neck dan fretboard pada gitar klasik mempunyai area permukaan yang lebih luas untuk dimainkan.

Gitar klasik banyak dibuat oleh pabrik di seluruh dunia, diantara macam macam merk gitar klasik yang terkenal yaitu Yamaha, Cordoba, Cremona. Jenis gitar yang satu ini cocok dimainkan dengan musik klasik atau latin oleh pemula karena memiliki senar yang mudah dimainkan oleh jari.

2. Gitar Baja
Gitar baja atau steel guitar adalah jenis gitar akustik lainnya. Gitar yang satu ini memiliki ukuran yang lebih berat bila dibandingkan dengan jenis gitar lainnya. Jadi cara memainkannya juga harus dengan dipangku.

Gitar baja memiliki 2 jenis yakni Lap guitar yang dimainkan dengan cara diletakkan di pangkuan atau bisa juga di atas meja. Cara memainkannya bukan dengan cara menekan senar pada fretboard dengan jari, tetapi dengan menggunakan metal bar.

Sementara jenis gitar baja satu lagi adalah yang dimainkan dengan pedal secara horizontal dengan dipangku. Caranya kaki kiri menekan instrumen pedal sementara kaki kanan digunakan untuk mengatur volume pedal.

3. Gitar Senar Baja
Jenis gitar akustik selanjutnya yaitu gitar senar baja. Gitar ini merupakan jenis gitar akustik yang paling sering digunakan untuk pemula, dan dapat dikatakan sebagai instrumen dasar bagi para pencipta lagu.

Gitar senar baja juga sebagai Instrumen serba guna, yang kaya akan nada serta resonansi, dan jadi instrumen wajib buat para musisi.

Gitar senar baja mempunyai 14 hingga 16 fret dan senar yang terbuat dari baja. Karena itulah bersifat keras dan kerap kali membuat sakit pada jari pemainnya, namun gitar ini mampu menghasilkan suara yang melengking dan bright sehingga dapat fleksibel untuk dimainkan dalam berbagai genre musik.

4. Gitar Flamenco
Gitar flamenco merupakan jenis gitar akustik yang mirip dengan gitar klasik, yakni terbuat dari senar nilon dan berasal dari Spanyol. Gitar ini dibuat untuk genre musik khusus, yaitu flamenco.

Gitar Flamenco dibuat dengan lebih ringan dan atasan lebih tipis dibandingkan gitar klasik. Serta mengeluarkan suara yang lebih persuasif dan terang. Perbedaannya dengan gitar klasik terletak pada ukuran fretboardnya yang lebih luas dari gitar klasik.

Gitar flamenco ini terbuat dari bahan cypress Spanyol, rosewood atau sycamore pada bagian belakang dan sampingnya. Sementara bagian atasnya terbuat dari pohon cemara (spruce).

5. Gitar Resonator
Jenis gitar akustik selanjutnya adalah gitar resonator yang mengeluarkan suara dari satu atau lebih logam kerucut atau resonator yang berputar. Gitar ini tidak memiliki sound hole seperti gitar pada umumnya, tetapi diganti dengan piringan bulat yang juga berguna untuk menyembunyikan resonator kerucut.

Kerucut logam itulah yang berfungsi untuk loud speaker agar menghasilkan suara yang lebih sengau. Gitar resonator tidak menggunakan bahan kayu pada bagian atas bodynya.

6. Gitar 12 Senar
Jenis gitar akustik terakhir adalah gitar 12 senar. Gitar dengan 12 senar yang digabungkan sehingga tampak sekilas seperti 6 ini mampu menghasilkan suara yang lebih jelas dan jernih.
Untuk dapat memainkan gitar yang satu ini haruslah ditekan dengan kencang agar suara yang keluar tidak fals. Gitar 12 senar ni cocok dimainkan untuk progres akord penuh dan tebal yang beresonansi seperti memainkan lebih dari satu gitar.

Macam macam Gitar Bass

Macam macam gitar Bass yaitu:

1. Gitar Bass Akustik
Salah satu jenis gitar bass adalah gitar bass akustik. Jenis gitar bass yang satu ini sepenuhnya menggunakan lobang gitar (soundhole) sebagai suara yang dihasilkan.

Gitar ini umumnya memiliki 4 senar baja, meskipun ada juga yang memiliki 5 dan 6 senar untuk variasi nada. Terdapat pula jenis gitar akustik yang tidak mempunyai soundhole konvensional, dan itu biasanya menggunakan lubang f sebagai penggantinya.

2. Gitar Bass Elektrik
Jenis gitar bass yang satu ini memerlukan bantuan listrik dalam instrumen petik untuk memperbesar suaranya. Gitar bass elektrik biasanya memiliki 4 senar, body gitar yang besar dan neck yang panjang.

Nada-nada yang dihasilkan dari gitar bass elektrik ini lebih rendah dan dalam, karena itu senar yang dipakai haruslah lebih tebal. Bahan kayu yang digunakan pun harus lebih keras dan padat untuk bisa mengimbangi tekanan pada neck gitar.

3. Gitar Bass Akustik - Elektrik
Jenis gitar selanjutnya dari keluarga gitar bass adalah gitar bass akustik - elektrik. Gitar ini merupakan perpaduan antara gitar akustik dan elektrik. Suara yang dihasilkan seperti gitar akustik namun untuk memainkannya harus dengan perangkat elektrik. Gitar ini juga memiliki 4 senar layaknya gitar bass elektrik.

4. Gitar Bass Semi Akustik
Gitar bass semi-akustik merupakan versi bass dari gitar elektrik semi-akustik. Bedanya gitar elektrik semi akustik lebih keras dibanding jenis gitar bass. Gitar bass semi-akustik ini mempunyai badan gitar semi-berongga dimana sensor, pickup, serta perangkat keras terpasang di dalamnya, dan biasanya berbentuk f-hole.

Macam macam Gitar Elektrik atau Gitar Listrik

Macam macam jenis gitar listrik atau elektrik, yaitu :

1. Gitar Semi Akustik
Gitar semi akustik adalah gitar yang dapat dimainkan sebagai gitar elektrik dan bisa juga dimainkan sebagai gitar akustik. Gitar ini hampir sama dengan gitar body solid, hanya saja pada gitar semi akustik terdapat hollow sound box dengan ukuran besar yang terletak di body gitar.

Hollow sound box inilah yang digunakan untuk menghasilkan suara yang nyaring. Jadi tidak perlu lagi amplifier saat dimainkan pada ruang kecil.

Bahan dasar sound box pada gitar semi-akustik terbuat dari bahan logam, karena itulah suara yang dihasilkan pun lebih berkualitas jika dibandingkan dengan gitar akustik.

2. Gitar Elektrik-Akustik
Jenis gitar elektrik berikutnya adalah gitar elektrik akustik. Gitar ini adalah perpaduan dari gitar elektrik dan akustik. Gitar ini mampu menghasilkan suara yang merdu baik dengan menggunakan amplifier atau cara manual.

Dinamakan gitar elektrik-akustik itu karena perpaduan kedua gitar tersebut bersatu dalam gitar ini. Pada gitar ini dapat ditemukan lubang resonansi seperti gitar akustik tapi suara dan pimped yang dihasilkan secara elektronik.

3. Gitar Archtop
Gitar elektrik selanjutnya adalah gitar archtop yang merupakan gitar elektrik dengan semi-hollow body dan juga steel string. Jenis gitar yang satu ini banyak digandrungi musisi jazz di seluruh dunia.

Gitar archtop memiliki penampilan yang sama dengan gitar akustik, bahkan seringkali juga dikira biola besar bagi orang awam. Bedanya dengan gitar akustik adalah dari bahan materialnya, bila gitar archtop terbuat dari material bahan maple, sedangkan gitar akustik terbuat dari bahan kayu spruce.

Saat dimainkan gitar Archtop mengeluarkan suara seperti gitar elektrik dengan sentuhan yang mellow. Karena itulah gitar ini lebih identik dengan musik jazz karena suara yang dihasilkan cocok dengan aliran musik tersebut.

4. Gitar Solid Body
Gitar Solid Body merupakan jenis gitar yang serbaguna. Karena itu gitar ini paling populer dan banyak dijual. Gitar ini terbilang unik karena bisa digunakan untuk mengiringi bermacam jenis musik. Seperti musik rock, jazz, heavy metal, blues dan semua jenis musik apapun bisa dimainkan oleh gitar ini.

Macam macam Gitar Mini

Jenis gitar yang terakhir adalah gitar mini atau gitar kecil dengan macam-macam gitar mini, yaitu:

1. Gitar Akustik Mini
Gitar akustik dengan ukuran mini ini bisa dimainkan dan di bawa ke mana saja. Cocok dimainkan bagi pemula atau anak-anak yang ingin bermain gitar.

Karena ukurannya yang mini membuat gitar ini nyaman untuk dibawa bepergian, mudah dipegang, dan mengurangi mudah buat belajar bagi anak-anak atau pemula, serta fretboardnya yang lebih kecil juga kebih mudah dimainkan untuk tangan dan jari yang kecil.

2. Gitar Mini Traveller
Bagi para pelancong yang hobi bermain gitar tentunya amat tidak praktis dan merepotkan bila membawa gitar akustik konvensional. Karena itu, gitar mini traveller yang memiliki bentuk dan spesifikasi khusus yang praktis cocok bagi para gitaris dalam perjalanan.

Neck dan fretboard gitar ini akan tetap konsisten dengan gitar akustik pada umumnya, tapi bentuk bodynya saja yang bervariasi. Gitar mini traveler memiliki bentuk body yang khas, aneh, dan senyap karena dengan ringan, kompak, juga sangat portabel.

3. Gitar Parlor
Selanjutnya yang termasuk dalam gitar berukuran mini adalah gitar parlor, jenis gitar yang satu ini termasuk gitar akustik yang memiliki senar nilon. Gitar Parlor memiliki model yang ringkas dengan panjang keseluruhan yang kecil dan tubuh gitar yang memanjang.

Gitar parlor cocok untuk pemain bertubuh kecil dan anak-anak, karena ukuran gitar ini kecil sehingga menjadikannya mudah dimainkan. Gitar parlor juga bagus dipakai para penyanyi dan penulis lagu, karena proyeksinya yang lebih ringan.

4. Gitar Tenor
Gitar mini selanjutnya adalah gitar tenor yang memiliki 4 senar yang lebih kecil sedikit dibandingkan dengan gitar akustik atau pun gitar elektrik. Instrumen yang satu ini awalnya diciptakan dalam bentuk akustik oleh CF Martin & Company dan Gibson Guitar Company, sehingga pemain tenor 4 senar dapat bermain double pada gitar.

Gitar tenor terkadang dibuat dengan body yang berbentuk seperti piramida atau dengan tubuh terbuat dari bahan kayu seperti banjo bundar. Jenis gitar tenor ini umumnya mempunyai panjang skala sama dengan tenor banjo yaitu antara 53 cm hingga 58 cm.

Nah, itulah tadi macam macam gitar berdasarkan jenisnya mulai dari gitar akustik, gitar bass, gitar elektrik hingga gitar kini. Semoga menambah pengetahuan kamu dalam mengenal alat musik yang satu ini.

Chord Macam Macam Gitar Berdasarkan Jenisnya

Lihat Semua :