Pengertian Alat Musik Modern Serta Contohnya yang Beragam!



Memahami pengertian alat musik modern merupakan suatu hal yang penting bagi seorang pecinta musik sekarang ini. Pasalnya, keberadaan alat musik ini kini begitu melekat dengan industri. Baik peranannya dalam pengiring lagu, ilustrasi film, dan berbagai macam kebutuhan lain. Agar semakin paham mengenai jenis alat musik ini, maka berikut dihadirkan sejumlah uraian menarik tentangnya:

Pengertian Alat Musik Jenis Modern

Secara sederhana, pengertian alat musik modern yaitu sebuah alat atau perlengkapan musik yang didukung dengan teknologi canggih, yang tidak ditemukan pada versi tradisional. Alat semacam ini umumnya telah bersifat elektrik, yang membuat suara yang dihasilkan lebih keras daripada tradisional. Lain daripada itu, jika ditinjau dari segi kepraktisan, maka alat musik modern memiliki kekompleksan yang terkadang bisa menghasilkan suara yang beragam, hanya dalam satu alat, semisal pada keyboard atau lainnya.

Berkat adanya kekompleksan ini, maka terkadang membuat peran pemain musik lain tidak lagi diperlukan. Jelas berbeda dengan alat tradisional yang setiap alatnya dipegang dan dimainkan oleh satu orang.

Contoh Alat Musik Modern

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa alat musik modern memiliki jenis yang beragam. Setiap jenisnya dibekali dengan teknologi dan bisa dimainkan dengan cara yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenisnya antara lain:

1. Gitar

Siapa yang tidak kenal gitar, jenis alat musik yang populer dan dikenal berbagai kalangan. Contoh alat modern ini memiliki jenis yang beragam. Setiap jenisnya bisa menghasilkan suara yang variatif.

Tipe gitar terdiri dari gitar elektrik, gitar akustik dan gitar bas. Ketiganya memiliki perbedaan tertentu. Namun, ketiganya harus menggunakan alat pendukung guna menghasilkan suara musik yang bagus.

2. Drum

Selanjutnya, terdapat drum yang merupakan alat musik jenis modern lainnya yang bisa dimainkan. Dalam memainkannya dibutuhkan koordinasi dan kerja sama tangan dan kaki. Bagian kaki akan membutuhkan pedal yang harus digerakkan secara bersamaan dengan simbal.

Pemain drum dikenal dengan istilah drummer. Setiap pemain drum akan memiliki stik untuk bisa memainkannya. Drum memiliki suara yang khas ketika dimainkan. Suara tersebut berfungsi sebagai penanda tempo yang berguna bagi pemain musik lain saat berkolaborasi.

3. Keyboard

Alat musik modern lainnya yakni keyboard. Jenis alat musik yang disebut-sebut serupa dengan piano. Pasalnya, bentuk hingga penggunaannya sama, dan perbedaanya hanya terdapat pada suaranya saja.

Bekal utama untuk bisa memainkan keyboard adalah nada dasar. Setiap pemain cukup menekan setiap tuts yang tersedia. Kombinasi nada akan menghasilkan sebuah musik yang indah. Jenis kombinasi tersebut dikenal dengan istilah chord.

4. Biola

Jenis lainnya yaitu biola. Alat ini bisa dimainkan melalui gesekan tertentu yang khas. Salah satu alat yang dilengkapi dengan senar sebanyak empat buah. Setiap senar yang jika digesek dengan kombinasi berbeda akan menghasilkan nada yang indah.

Di antara senar yang terdapat pada biola yakni G, D, A, E. Senar G merupakan jenis nada terendah pada biola. Tidak heran, setiap kertas musik biola diawali dengan G. Untuk pemain biola dikenal dengan sebutan violinist atau pebiola.

5. Saxophone

Alat musik lainnya yaitu saxophone. Elemen musik yang bisa dimainkan dengan cara meniupnya dengan teknik tertentu. Instrumen yang dihasilkan pun sangatlah bagus dan indah.

Nama saxophone diambil dari penemunya yang tidak lain adalah Adolphe Sax. Kemunculannya sudah bertahun-tahun lamanya, yakni tahun 1841. Lalu, dipatenkan sebagai alat musik sejak tahun 1846.

Demikianlah ulasan terkait pengertian alat musik modern beserta contohnya. Selain sejumlah alat musik modern yang disebutkan tersebut, tentunya masih banyak yang lainnya, Pastinya dengan ciri menggunakan teknologi, bersifat elektrik, dan mengikuti perkembangan zaman!

Chord Pengertian Alat Musik Modern Serta Contohnya yang Beragam!

Lihat Semua :