Macam Macam Aksesoris Gitar Beserta Fungsi dan Harganya



Banyak orang hobi memainkan alat musik yang salah satunya adalah gitar. Bagi sebagian orang, memainkan gitar perlu beberapa aksesoris penunjang. Terlebih untuk seorang gitaris, tentu akan memerlukan aksesoris untuk gitar sebagai pendukung dalam bermain gitar.

8 Macam Aksesoris Gitar Beserta Fungsi dan Harganya di Pasaran

Berikut ini ada macam macam aksesoris gitar beserta fungsi dan harganya:

1. Case

Salah satu dari macam macam aksesoris gitar yang pertama adalah case. Tentunya case disini adalah tas (kantong) yang berbentuk gitar sebagai tempat penyimpanannya. Tas ini terdiri atas dua jenis, yaitu berupa softcase dan hardcase. Bahan untuk softcase ini terbuat dari kain yang tebal dan kuat. Sementara bahan untuk hardcase ini terbuat dari kayu dan plastik yang juga tebal dan kuat.

Kegunaan dari case ini sama seperti tas pada umumnya, yaitu untuk membawa gitar kemana saja saat bepergian dan tempat menyimpan gitar. Untuk harga case gitarnya sendiri itu bervariasi dari harga 500 ribu bahkan ada yang lebih dari harga itu, tergantung dari kualitas maupun merk case.

2. Pick

Pick ini merupakan alat petik gitar yang sudah tidak asing untuk para pemain gitar. Berfungsi untuk menggantikan jari-jari saat memetik gitar. Jika untuk pemula dan belum terbiasa memetik gitar, maka jari-jari akan terasa sakit. Untuk itulah, pick ini bisa menjadi pengganti saat memetik gitar tersebut.

Tidak hanya itu saja fungsi dari pick, fungsi lainnya adalah untuk melindungi jari tetap bersih serta menjaga suara gitar agar tetap jernih. Untuk harga dari pick ini sendiri ialah kisaran dari harga 5 ribu hingga 20 ribu.

3. Tuner

Tuner disini adalah alat untuk memudahkan dalam menyetel atau setting nada gitar jika terdengar fals. Ada banyak macam untuk tuner ini, diantaranya yaitu berbentuk headstock, klip dan juga ada yang portabel berbentuk kotak.

Jadi, mudah untuk dibawa dan disimpan dalam saku. Dengan tuner ini, pemain gitar bisa mengatur sendiri nada dan pitch gitar. Untuk harganya itu sendiri, berkisar mulai dari 50 ribu s/d 200 ribu.

4. Strap Gitar

Aksesoris gitar selanjutnya ada strap gitar. Bentuknya seperti tali yang berfungsi untuk menyandangkan gitar ketika ingin bermain gitar sambil berdiri. Harga untuk aksesoris ini sekitar harga mulai dari 30 ribu s/d harga 200 ribu.

5. Capo

Macam macam aksesoris gitar lainnya adalah capo. Fungsi dari capo ini adalah untuk menjepit senar gitar yang bertujuan untuk menaikkan nada petikan gitar tanpa harus melakukan tuning lagi. Untuk harga alat capo ini sendiri adalah 50 ribu sampai sekitaran harga 150 ribu

6. Slider

Alat ini biasa digunakan untuk gitaris yang suka bermain music jenis bluse dan country yang mana menggunakan teknik slide. Biasanya, alat ini dipakai di jari kelingking atau jari manis yang berbentuk silinder ini. Harga alat ini sekitar 20 ribu sampai dengan harga 50 ribu

7. Screeching Halt

Alat ini diletakkan pada lubang yang ada di tengah gitar. Fungsinya adalah untuk menutup lubang tersebut agar tidak mengalami pemantulan suara ketika sedang bermain gitar. Sementara, fungsi lain dari alat ini adalah dapat meningkatkan suara pada gitar. Harga untuk alat ini adalah sekitar 100 ribu.

8. String Winder

Macam macam aksesoris gitar yang lainnya adalah string winder. Alat ini adalah pemutar yang ada di kepala gitar. Fungsi dari string winder adalah untuk memutar tuning atau yang ada pada kepala gitar agar lebih cepat dan untuk menyetel serta menyetel gitar senar. Harga untuk alat ini sekitar 50 ribu.

Itulah beberapa list macam macam aksesoris gitar yang bisa dibeli sesuai kebutuhan masing-masing. Dilengkapi juga dengan fungsi dan harga yang bermacam-macam sesuai dengan kualitas dan merknya.

Chord Macam Macam Aksesoris Gitar Beserta Fungsi dan Harganya

Lihat Semua :