5 Tips Memilih Efek Gitar yang Benar



Untuk menunjang permainan gitar elektrik biasanya seorang gitaris akan memakai perangkat yang disebut dengan efek gitar. Tujuannya untuk memberikan nuansa tertentu pada sound yang dihasilkan. Karena sifatnya yang sangat kompleks, membeli perangkat ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan harus memperhatikan tips memilih efek gitar yang benar, agar tidak salah pilih dan terjebak kekecewaan.

5 Tips Memilih Efek Gitar agar Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam melakukan pembelian sebuah perangkat efek gitar, seseorang harus memperhatikan banyak aspek. Khususnya yang berkaitan dengan aliran musik, karakteristik efek, merk perangkat, hingga harga yang ditawarkannya. Secara lebih jelas, hal tersebut dapat dicermati pada sejumlah uraian di bawah ini:

1. Pilihlah Sesuai dengan Aliran Musik yang Dimiliki

Banyak efek gitar yang tersedia untuk dibeli, seperti efek distorsi, wah-wah, overdrive, fuzz dan lainnya. Sehingga untuk memakainya, kembali lagi ke aliran musik dari masing-masing orang. Karena jenis setiap efek gitar dapat menentukan genre musik apa yang dimainkan oleh seorang gitaris.

Misalnya, efek distorsi biasa digunakan oleh gitaris dengan aliran musik metal, hardcore dan lainnya. Atau efek overdrive yang digunakan untuk gitaris rock. Kesalahan dalam membeli efek gitar sangatlah fatal, karena tidak berguna dalam menunjang sebuah permainan gitar.

2. Kenali Karakter

Secara umum, efek gitar terbagi menjadi dua yaitu Stompbox dan Digital. Masing-masing efek mempunyai karakter yang sangat beragam. Sehingga tips memilih efek gitar yang tepat berikutnya adalah dengan menentukan karakter efeknya terlebih dahulu. Yakni terdiri dari Overdrive, Delay, Reverb, Modulation, Compressor, dan Noise gate & suppressor.

3. Pertimbangkan Budget

Seperti yang diketahui, harga efek gitar tidaklah murah. Sehingga jika sudah mengenali karakter dari efek, sebaiknya pertimbangkan budget yang ada sebelum melakukan pembelian efek gitar. Apabila memang mampu untuk membeli efek gitar yang mahal, maka seimbangkan dengan gitar dan ampli yang digunakan. Namun, jangan lupa untuk memilih sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Sebaliknya, jika memilih efek gitar dengan harga murah, maka seimbangkan juga dengan sistem cara pengolahan sound saat ini. Sehingga akan menuntun seseorang dalam berkreasi dan mengeksplorasi sound yang mampu dihasilkan.

4. Baca Review atau Sharing Terkait Efek Gitar yang Ingin Dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli efek gitar, alangkah baiknya untuk membaca review atau sharing mengenai efek gitar yang akan dibeli tersebut. Jangan tergiur dengan harga efek gitar yang murah, namun ternyata kualitasnya buruk bahkan palsu. Baiknya lagi, sebelum membeli dapat juga melakukan konsultasi atau ngobrol dengan ahlinya.

Atau cobalah untuk mencari ulasan dengan memanfaatkan beberapa platform yang ada. Seperti YouTube, situs musik, blog musik, majalah musik dan lainnya. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Jika sudah mantap, maka baru belilah efek gitar tersebut.

5. Tentukan Merk Efek Gitar

Setelah melakukan sharing dan melihat berbagai review dari orang lain, pilihlah merk efek gitar yang terpercaya. Ini bukanlah hal yang sepele karena merk gitar akan sangat berpengaruh pada kualitas, harga, dan keawetan gitarnya nanti. Selain itu biasanya juga menyiratkan total variasi efek yang mampu dihasilkan.

Sebagai tambahan referensi, saat ini ada beberapa merk gitar yang lazim digunakan oleh musisi dunia. Antara lain Boss, Line 6, Digitec, VOX, Zoom, Behringer, Dunlop, sebagainya. Jadi tinggal pilih mau memakai yang mana, sesuai dengan budget yang tersedia.

Itulah beberapa tips memilih efek gitar yang dapat dijalankan. Karena keberadaan perangkat ini sangat penting bagi seorang gitaris, khususnya yang memakai gitar elektrik, maka baiknya pemilihannya pun semestinya dilakukan atas berbagai pertimbangan. Tujuannya agar tidak mengalami penyesalan setelah terlanjur melakukan pembelian.

Chord 5 Tips Memilih Efek Gitar yang Benar

Lihat Semua :