Aksesoris Gitar Yang Perlu Dimiliki Gitaris



Aksesoris gitar mempunyai peran yang sangat penting sebagai pendukung permainan maupun sebagai pelindung dari gitar. Saat bermain gitar, masing-masing dari aksesoris mempunyai fungsi maupun kegunaan yang tidak sama. Sebelum membeli aksesoris tersebut, maka harus mengetahui terlebih dahulu fungsi maupun kegunaannya. Dengan demikian, maka tidak sia-sia mengeluarkan uang. Terlebih lagi di pasaran banyak menawarkan berbagai pilihan yang sering kali membuat para gitaris merasa dilema, khususnya bagi pemula.

Jenis Aksesoris Gitar yang Wajib Dimiliki Seorang Gitaris

Jika sekiranya sudah mahir dalam memainkan gitar, maka beberapa aksesoris yang bisa mendukung permainan gitar ini perlu untuk dimiliki. Secara tidak langsung aksesoris tersebut berperan untuk menghasilkan suara yang lebih menyenangkan dan juga mempermudah saat perawatan.

Terdapat 7 aksesoris yang bisa dimiliki, di antaranya seperti berikut:

1. Slider
Aksesoris pertama ini paling banyak digunakan bagi gitaris yang menyukai musik country maupun blues yang seringkali menggunakan teknik slider. Cara penggunaannya cukup dengan memasukkan salah satu jari pada slider yang berbentuk silinder. Salah satu contoh lagu yang menggunakan slider bisa kamu dengarkan di lagu dari grup musik Slank yang berjudul Virus. Bahan Slider ini ada yang dari logam dan ada pula yang dari kaca.

2. Stand Gitar
Stand gitar mempunyai kegunaan untuk menaruh gitar ketika sedang tidak dipakai. Ada beberapa model dari stand gitar, ada juga yang seperti hanger yang dapat dipasang ke tembok. Meskipun bentuknya yang berbeda, namun mempunyai fungsi yang sama. Aksesoris ini mampu memudahkan pemilik saat ingin menaruh gitar.

3. Capo
Capo adalah perangkat yang dipasang pada bagian fret gitar dengan cara menekan senar atau menjepitnya. Tujuannya supaya bisa meningkatkan pitch pada instrumen gitar atau secara sederhananya capo digunakan untuk menaikkan nada pada gitar tanpa melakukan tuning kembali. Admin sendiri punya beberapa capo seperti gambar dibawah ini :

capo gitar

Harga capo sangat beragam, dari harga 8 ribu rupiah hingga ratusan ribu. Kalau capo diatas admin beli dengan harga dibawah 100ribu. Namun masih awet dipakai walaupun sudah bertahun tahun. Jika kamu ingin membeli capo, admin sarankan yang berbahan logam, agar lebih awet dan tidak mudah patah.

4. Strap Gitar
Strap mempunyai fungsi atau kegunaan untuk memudahkan menahan gitar ketika kita memainkannya sambil berdiri. Ada banyak varian strap gitar yang bisa dipilih di pasaran. Harga yang ditawarkan strap gitar ini cukup bervariatif, karena sangat tergantung dari segi jenis maupun bahan yang digunakan harga strap gitar yang paling murah yaitu sekitar 20ribuan.

5. Tas Gitar Atau Case
Pastinya semua orang mengetahui fungsi dari case atau tas gitar itu sendiri. Salah satu fungsinya yaitu untuk menyimpan sekaligus melindungi gitar ketika dibawa bepergian. Di pasaran terdapat berbagai pilihan tas gitar atau case yang bisa dipilih, baik itu softcase, hardcase, gigbag, flight case, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan juga sangat bervariatif dan yang paling murah dibanderol dengan harga dibawah 100.000. Jangan lupa saat membeli tas sesuaikan dengan tipe atau jenis gitar supaya tidak terlalu kekecilan atau tidak terlalu Kedodoran.

6. Pick Gitar
Aksesoris gitar yang satu ini mempunyai fungsi sebagai alat bantu saat memetik senar gitar. Tidak hanya itu saja. Penggunaan pick gitar sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan supaya lebih baik dan lebih merdu. Tidak sampai di situ saja, pick juga membantu supaya kuku pada tangan tidak rusak atau tidak patah.

7. Tuner
Tuner merupakan alat yang ada di instrumen alat musik petik. Salah satunya seperti untuk gitar, ukulele, maupun bass. Alat ini banyak digunakan untuk mempermudah melakukan pengaturan pada nada alat musik gitar. Terdapat beberapa jenis tuner gitar yang portable dengan bentuk kotak dan dapat disimpan pada saku. Namun, ada juga bentuk tuner clip seperti tuner yang dijepit di bagian headstock. Harga tuner ini tidak terlalu mahal, ada yang menjualnya dengan harga dibawah 50ribu.

Aksesoris gitar memang perlu dimiliki para gitaris supaya bisa melengkapi dan mempermudah saat bermain gitar. Seperti penjelasan di atas bahwa masing-masing aksesoris mempunyai fungsi yang beragam. Untuk itu, pilihlah aksesoris yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

Chord blog

Chord Aksesoris Gitar Yang Perlu Dimiliki Gitaris

Chord Kunci Gitar lainnya:
Lihat Semua :