Pengertian dan Contoh Alat Musik Idiophone!



Mungkin sebagian besar orang hanya mengetahui alat musik seperti gitar, drum, dan piano. Padahal, sebenarnya ada banyak jenis alat musik. Satu jenis alat musik yang diklasifikasikan berdasarkan bahan membuat suaranya disebut Idiophone. Untuk mengetahui penjelasannya lebih lanjut ketahui pengertian dan contoh alat musik idiophone berikut ini.

Pengertian Alat Musik Idiophone

Setiap alat musik juga memiliki kategori yang berbeda. Beberapa kategori yang membagi jenis alat musik contohnya seperti cara bermain, asal atau sumber suara, dan masih banyak lainnya. Meski terdengar asing, sebenarnya alat musik Idiophone bisa dijumpai di kegiatan sehari-hari.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, idiophone merupakan jenis alat musik dengan kategorisasi berdasarkan bahan pembuat suaranya. Jenis alat musik idiophone dapat menghasilkan suara dari instrumennya tersebut. Artinya, alat musik ini tidak memerlukan tambahan membrane atau senar. Dengan demikian, suara dihasilkan dari getaran instrumen tersebut.

Sebab sumber suaranya dihasilkan dari instrumen tersebut sendiri, alat musik idiophone dapat dimainkan dengan cara digerakkan atau digetarkan. Umumnya, alat musik ini menggunakan bahan padat untuk membuat instrumennya. Contohnya seperti kayu, batu, dan logam. Bahan-bahan padat ini dapat beresonansi ketika alat musik digoyang atau dipukul.

Contoh Alat Musik Idiophone

Terdapat beberapa contoh alat musik idiophone yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan pembuatnya tentu saja juga berbeda-beda. Simak ulasannya berikut ini:

1. Angklung

Banyak para musisi yang menggunakan iringan alat musik angklung dalam komposisi musiknya. Bukan hanya itu saja, alat musik angklung juga cukup sering mengiringi berbagai kegiatan nasional maupun internasional. Penampilan paduan suara pun tak lengkap tanpa adanya iringan alat musik ini.

Setiap angklung hanya memiliki satu nada. Tidak heran jika harus tersedia banyak angklung dalam satu penampilan. Angklung terbuat dari bambu, yang juga dapat beresonansi dan menghasilkan bunyi. Pembaca cukup menggoyangkan angklung untuk mendengar bunyi merdunya.

2. Simbal

Alat musik berikut ini dapat dimainkan sendiri atau juga dapat dimainkan dalam satu set alat musik lain bersama drum. Simbal yang terbuat dari logam, dapat menghasilkan bunyi apabila kedua simbal saling dipukulkan. Biasanya, simbal sering digunakan oleh anggota marching band. Selain itu, pembaca juga bisa menemukannya di set drum.

3. Saron

Contoh selanjutnya ini ialah termasuk dalam alat musik tradisional. Benar! Tidak lain tidak bukan yang dimaksud ialah saron. Meski alat musik ini mengeluarkan bunyi setelah dipukul, saron tetap termasuk dalam jenis alat musik idiophone. Saron terbuat dari logam yang akan mengeluarkan bunyi nyaring saat dipukul. Bilah-bilah logam ini disediakan sesuai dengan jumlah dan urutan tangga nada.

4. Gong

Alat musik yang terakhir ini dapat dijumpai di banyak tempat dan memiliki bentuk yang unik. Gong menjadi salah satu alat musik jenis idiophone yang paling mudah dikenali. Ukurannya pun terbilang cukup besar. Biasanya, gong dibuat menggunakan bahan perunggu. Sama seperti saron, gong dimainkan dengan cara dipukul.

Alat untuk memukul gong harus khusus. Palu atau alat pukul gong harus dilapisi dengan kain atau karet pada ujungnya. Permukaan gong yang bertemu dengan palu berkaret akan menghasilkan bunyi yang merdu dan cukup menggema. Bunyi ini didapatkan dari getaran tubuh gong setelah dipukul.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian dan contoh alat musik idiophone. Masih banyak contoh alat musik lainnya yang juga bisa pembaca jadikan referensi untuk dimainkan saat bosan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk pembaca. Selamat mencoba!

Chord Pengertian dan Contoh Alat Musik Idiophone!

Lihat Semua :