5 Rekomendasi Efek Gitar yang Banyak Dipilih Gitaris Profesional



Menjadi gitaris yang andal perlu memperhatikan beberapa hal penting salah satunya efek suara pada gitar. Dengan bantuan dari pengaruh bunyi ini dapat menyulap setiap nada menjadi alunan tertentu, sehingga ada keunikan tersendiri.

Inilah 5 Rekomendasi Efek Gitar yang Biasa Digunakan

Langsung saja, di bawah ini telah dirangkumkan apa-apa saja rekomendasi efek gitar terbaik untuk seorang profesionalis, di antaranya:

1. Joyo Sweet Baby Overdrive

Dikembangkan oleh Sweet Honey di mana keunikannya yaitu cukup jelas dan bunyi yang dihasilkan sangat jernih. Sangat pas jika gitaris hanya ingin memainkan musik dengan warna yang berbeda-beda. Efek yang satu ini tidak mengubah tone dasar dari gitar, tetapi memberikan sedikit kerenyahan dalam permainan yang apik.

Bagi pengguna Telecaster agar bunyi khas tidak hilang, maka Joyo Sweet dapat menjadi pilihan solutif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dengan kata lain, Low Gain hanya mengisi sedikit efek bunyi dan tetap mempertahankan nada dasar gitar. Belum lagi, harganya yang terbilang murah dijangkau oleh kantong.

2. BOSS Super Overdrive: SD 1

Sebagai salah satu brand ternama, BOSS sudah cukup memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para gitaris profesional di seluruh dunia. Hal ini yang menjadikannya menjadi rekomendasi efek gitar bagi kebanyakan orang yang ingin belajar atau perform.

Super Overdrive sangat cocok bagi gitaris yang ingin menggunakan stimulus ampli dengan efek distorsi di dalamnya. Sehingga bunyi dari gitar akan semakin garang saat dimainkan. Selain itu, nilai jualnya tidak terlalu mahal untuk kualitas yang dimiliki, yakni hanya di bawah satu jutaan saja.

3. BOSS Super Chorus: CH1

Masih milik BOSS, CH1 dapat menjadi pilihan membuat efek Chorus pada gitar dengan hasil yang memuaskan. Para penggemar dapat mempermanis suara dengan pengaruh dari ensemble yang ditampilkan. Selain itu, kustomisasi yang dihadirkan juga tidak rumit atau sederhana.

Terdapat 4 tombol setting yang dapat diatur oleh gitaris sendiri dan dilengkapi dengan output A-B untuk stereo. Bukan hanya itu saja, harga dibandrol juga lumayan murah. Dengan begitu tidak ada alasan untuk tidak memilih rekomendasi efek gitar yang satu ini.

4. Behringer Digital Delay (DD-100)

Bagi penggemar suara halus dapat mencoba DD-100 yang masuk ke dalam daftar rekomendasi efek gitar, karena punya kualitas baik dan harga terjangkau. Pihak penyedia asal Jerman ini, menyuguhkan nada yang lamban dan agak nyaring. Sangat pas untuk dimainkan pada musik bergaya slow down.

Apabila gitaris ingin lebih bagus lagi dalam menghasilkan bunyi, dapat mengkolaborasikan pada efek suara distorsi. Dengan begitu, akan muncul nada yang panjang seperti sebuah melodi yang pastinya indah saat didengarkan.

5. Chasebliss Audio Warped Vinyl: Mk 2

Perusahaan Chasebliss terkenal dengan konsep yang cukup rumit dan memiliki banyak komponen canggih. Efek Warped Vinyl yang ditampilkan adalah Chorus dengan gaya klasik dan sangat hangat. Jauh berbeda dari yang modern seperti jernih, sayu, atau hampa.

Selain itu, efek dari Warped Vinyl dapat mengurangi suara pengganggu atau noise dan vibrato. Sehingga pas sekali bagi para penikmat musik vintage yang ingin bernostalgia kembali tanpa ada gangguan. Dengannya nuansa nostalgia akan semakin terasa hangat dan mudah diciptakan hanya melalui petikan senar gitar.

Apapun aliran musik dari gitaris, baik itu Jazz, Blues, Rock atau Metal mengetahui rekomendasi efek gitar sangatlah penting. Karena hal inilah yang mempengaruhi suara atau nada yang akan terinterpretasi. Selain itu, dengan efek ini dapat membedakan pada alat petik yang dimainkan biasa. Sehingga lebih terasa estetika dan jiwanya!

Chord 5 Rekomendasi Efek Gitar yang Banyak Dipilih Gitaris Profesional

Lihat Semua :