Belajar Memainkan Chord A Mayor dan A Minor



Pada saat memainkan gitar untuk mengiringi sebuah lagu, maka gitaris harus bisa memposisikan jemari secara tepat agar chord yang dimainkan tidak terdengar fals. Chord Am sendiri merupakan chord yang seringkali dipakai dalam sebuah lagu. Penggunaan kunci gitar A minor ini sangat cocok untuk gitaris yang menyukai lagu pop. Oleh karena itu, mempelajari teknik dalam menggunakan kunci ini sangatlah penting.

1. Chord A Minor

Sebenarnya cara memposisikan jemari untuk kunci A minor pada gitar sangatlah mudah, namun beberapa dari pemula masih merasa bingung bagaimana cara memainkan yang tepat. Untuk kamu yang baru berlatih memainkan gitar, kami sarankan untuk melakukan peletakan jari seperti ini :

• Posisikan atau letakkan jari tengah pada senar 2 di fret 1.
• Setelah itu, posisikan jari manis di senar 4 pada fret 2.
• Letakkan jari kelingking pada senar ke 3 fret ke 2.

untuk gambar chord A minor yang paling umum digunakan adalah seperti gambar berikut ini:

A-Minor-A-1

mengapa menggunakan posisi jari seperti diatas ?

Sebenarnya bisa saja menggunakan peletakan jari telunjuk di senar 2 fret 1, jari manis di senar 4 fret 2 dan jari kelingking di senar 3 fret ke 2. Namun, jika kamu sedang berlatih kunci gantung / tegak, maka peletakan jari seperti yang kami sarankan di atas akan sangat membantu sekali. Contohnya saja jika ingin memainkan chord F Mayor atau B minor. Kamu bisa lihat jika peletakan jari tengah, manis dan kelingking sama seperti chord tersebut. Hanya saja ditambah jari telunjuk yang tegak menekan senar 1 - 6 atau 1 - 5.

Jika kamu ingin mengasah permainan gitarmu dengan chord Am, kamu bisa lihat chord peterpan diatas normal.

2. Chord A Mayor
Tidak berbeda dengan chord A minor, A mayor juga banyak digunakan bagi pemula untuk mengasah kemampuan bermain gitar. Peletakannya tidak jauh berbeda dengan A minor, yaitu seperti gambar dibawah ini :

A-Major-A-1

Cara memainkan kunci gitar A mayor yaitu seperti berikut:
• Jari telunjuk berada pada senar 2 fret 2
• Jari tengah berada pada senar 3 fret 2
• Jari manis berada di senar 4 fret 2

Namun, saran kami jika ingin lebih mahir untuk belajar kunci gantung, maka pakailah jari tengah, manis dan kelingking. Jadi, nanti jika ingin memainkan misalkan chord Bb atau B tingal geser 1 fret dan gunakan jari telunjuknya untuk menekan senar 1 - 5.

jika ingin sekalan belajar A Mayor dengan chord gantung / tegak, bisa latihan dengan memainkan A mayor seperti pada gambar berikut:

A Mayor

Nah, jika kita lihat pada gambar diatas peletakan jari tengah, manis dan kelingking sama dengan chord Am. Namun dengan tambahan jari telunjuk menekan senar 1 - 6. Jika kamu sudah bisa chord gantung A mayor, coba geser peletakan jarimu ke fret 3. Maka kamu akan memainkan chord G mayor, dan geser lagi ke fret 1. Maka kamu jarimu suda berada pada posisi chord F mayor.

Belajar memainkan gitar memang susah-susah gampang karena kunci atau chordnya yang cukup banyak. Bagi pemula mungkin memang akan sedikit kesulitan dalam menghafalkan atau mengingat kunci gitar. Namun, jika berlatih terus menerus dan konsisten pastinya lama kelamaan akan hafal dengan sendirinya.

Chord blog

Chord Belajar Memainkan Chord A Mayor dan A Minor

Chord Kunci Gitar lainnya:
Lihat Semua :