Pendhoza


Pendhoza merupakan grup musik asal Imogiri Bantul Yogyakarta yang mengusung aliran hiphop dangdut. Grup musik ini terbentuk dari persahabatan sejak kecil Sandios (Latief Sandy Permana) dan Lewunk (Agung Wahyudi). Lagu ciptaan mereka seringkali dinyanyikan di acara-acara musik, seperti lagu berjudul “Bojo Galak” yang juga dinyanyikan oleh Via Vallen dan Nella Kharisma. Lagu-lagunya terinspirasi dan tercipta dari kehidupan pribadi mereka.

Walaupun Sandios dan Lewunk kerap dipanggil untuk mengisi acara dengan tarif jutaan rupiah, namun siapa sangka dulunya mereka pernah bekerja menjadi kuli bangunan dan keduanya kini bekerja sebagai kasir disebuah toko. Disela-sela bekerja menjadi kasir, karya-karya baru mereka tercipta dengan membuat lagu di saat saat istirahat kerja. Pendhoza sendiri memiliki kepanjangan ‘penuh dengan doa dan usaha’ yang seharusnya penulisannya Pendosa tapi diubah sedikit penulisannya oleh Lewunk.

Perjalanan karier mereka dimulai dari bawah. Dari pernah mengisi di cafe hanya dibayar es teh, diberi amplop berisi uang 30 ribu dan bahkan kerap kali tidak dibayar. Namun, masa-masa itu mungkin sudah terlewati karena sekarang nama grup musik ini sudah lebih dikenal masyarakat. Semoga saja karier mereka semakin mulus dan semakin maju untuk terus menciptakan karya-karya baru.

Posted on : by