Once


Elfonda Once Mekel adalah penyanyi Indonesia yang populer sebagai vokalis dari grup musik Dewa 19. Setelah bergabung dengan Dewa 19, menggantikan Ari Lasso sebagai vokalis. Sebelum bergabung dengan band tersebut, ia telah merilis beberapa single solo, seperti "Juwita Pandang" dan "Anggun". Perjalanan Karir Once kemudian sampai ke puncak popularitas dengan album-album terlaris dari Dewa 19. Once telah merilis lima album bersama Dewa 19. Setelah sukses sebagai vokalis band, Sekali lagi memulai karir solonya dengan single "Dealova" yang menjadi soundtrack untuk film berjudul sama seperti judul lagu tersebut.

Dia pernah diterima sebagai mahasiswa Fakultas Hukum universitas ternama. Selama kuliah dia juga aktif bergabung dengan grup musik. Saat kuliah, karena dia membaca banyak buku tua yang berdebu, Pernah mengalami masalah pita suara, jadi dia memutuskan untuk berhenti sebagai penyanyi dan tekun dengan studinya dan band. Setelah lulus kuliah, ia kemudian bekerja sebagai koordinator hukum di sebuah perusahaan konstruksi, dan dua tahun kemudian pindah ke proyek penelitian kolaboratif antara LIPI dan CSIRO, di tengah kesibukannya kembali bernyanyi di kafe. Setelah pita suaranya pulih, meski dengan suara yang berbeda (pensiun bernyanyi selama 5 tahun).

Setelah keluar dari proyek MSI LIPI, Once mulai serius terjun ke dunia musik. Bersama Ahmad Dhani, dia mengerjakan rekaman untuk film Kuldesak. Kali ini grup mereka disebut Dewa saja. Once meninggalkan Dewa 19 dan Dewa 19 sedang dalam masa hiatus. Majalah Rolling Stone memasukkan Once dalam "50 Penyanyi Indonesia Terbesar", yang merupakan daftar 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa. Setelah lulus SMA, Once telah menjadi vokalis semi-profesional berbayar. Bandnya mengiringi penyanyi terkenal seperti Ita Purnamasari.

Perjalanan Karir Once sebagai penyanyi solo & sekarang Once bergabung dengan supergrup AYLI (As You Like It) Project yang beranggotakan Ari Lasso, Yuke, Maggi, Badai, & Irfan yang merupakan mantan personel Dewa serta beberapa personel band yang sudah tekenal seperti /rif, Samsons, & Kerispatih. Suaranya yang khas pasti mudah diingat saat ia menyanyikan sebuah lagu. Berikut kumpulan chord Once yang bisa sobat jadikan referensi jika ingin memainkan lagu yang telah ia nyanyikan

Kumpulan Chord Once