Lek Dahlan


Dahlan Efendi atau lebih dikenal dengan nama Lek Dahlan ini merupakan musisi yang berasal dari Kabupaten Madiun. Musisi sekaligus Pemilik channel youtube "Lek Dahlan" ini lahir di Ngawi pada tanggal 25 September tahun 1987. Sebelum menjadi seniman, kurang lebih pada tahun 2011 hingga 2013 Lek Dahlan berprofesi sebagai jurnalis di salah satu media cetak lokal Madiun. Musisi yang berusia 33 tahun ini, saat ini telah menghasilkan beberapa buah single. Lagu lagu ciptaannya tersebut menggunakan bahasa Jawa.

Musisi ini telah berkolaborasi dengan banyak pengamen dan penyanyi muda. Dia juga membuat video musik bersama Agos Kotak dan juga Dodit Mulyanto. Pengalamannya sebagai mantan jurnalis dan hobi ternak kelinci membuat dirinya kaya akan ide-ide dalam menciptakan sebuah lagu. Adapun single yang telah dihasilkan oleh musisi yang merupakan warga dari Kabupaten Sidorejo ini, diantaranya Balio Ngawi, Loss Dhol, Sarangan Nitip Kenangan, dan Sedhelo Maneh. Dalam lagu Balio Ngawi semua kecamatan di Ngawi disebutkan.

Dirilis pada bulan Juni tahun 2020, lagu Loss Dhol yang diciptakan oleh Lek Dahlan dan dibawakan oleh Denny Caknan begitu terkenal. Lagu ini telah ditonton oleh lebih dari 100 juta penonton di youtube. Loss Dhol memiliki arti sikap acuh tak acuh walaupun ada hal yang menyakitkan. Nama Loss Dhol ini diambil dari dua kosakata bahasa Jawa yang hanya ada dalam pergaulan. Isi dari lagu ini tentang komunikasi selingkuhan via WhatsApp, bahkan walau dengan mengganti nama kontak. Selain lagu Loss Dhol, single yang berjudul "Sarangan Nitip Kenangan" hanya dalam rentang waktu 1,5 bulan telah di tonton sebanyak 25 ribu penayangan.

Lagu dengan klip wisata Sarangan dan isi lagu sedih namun diselipkan kisah jenaka lebih menarik banyak penggemar. Musisi tiga anak ini juga menghasilkan lagu Sedhelo Maneh yang telah di tonton oleh ribuan penonton dalam kurun waktu 2 minggu semenjak diunggah. Lagu ini mengisahkan tentang perpisahan sejoli karena kematian, menjelang pernikahan mereka. Lek Dahlan semakin dikenal di youtube dan ada beberapa tawaran nyanyi secara off air yang mulai menghampirinya.

Di video clip yang diupload di channel Denny Caknan yang berjudul Ndas Gerih, Lek Dahlan juga berperan bersama Denny menjadi tokoh badut. Lagu tersebut merupakan karya mereka berdua. Berikut chord gitar Lek Dahlan yang bisa memudahkan sobat yang ingin memainkan lagu lagu ciptaannya. Selalu dukung musisi dalam negeri agar mereka bertambah sukses.

Kumpulan Chord Lek Dahlan