Ipang


Irfan Fachri Lazuardy atau yang kerap dipanggil dengan Ipang merupakan vokalis dari salah satu grup band ternama di Indonesia yaitu BIP. Vokalis BIP ini kelahiran kota Kembang Bandung pada 6 Januari 1972. Dia bergabung dengan BIP pada tahun 2004 untuk menggantikan vokalis yang lama yaitu Irang. Sebelum bergabung dengan BIP, Ipang merupakan vokalis dari Plastik Band. Setelah hengkang dari Plastik, ia pernah bersolo karir dengan mengambil aliran baru yaitu tripop. Pergantian vokalis BIP menandai adanya album baru Udara Segar dan perubahan label dari EMI ke Forte Record.

Bagi sobat yang suka dengan film Realita, Cinta dan Rock'n Roll pastinya tahu dengan lagu yang dibawakannya untuk mengisi soudtrack pada film tersebut. Salah satu lagunya yang berjudul "Ada yang Hilang" hingga saat ini masih enak di dengarkan.

Pada tahun 2007 Ridho slank dan Ipang mengerjakan audio recording dan scoring film "Tentang Cinta". Di tahun 2008 dia berduet dengan isteri dari Pay BIP yaitu Dewiq dalam lagu berjudul "Be Te". Selain berduet dengan Dewiq, Ipang juga menyanyikan lagu yang berjudul "Teruslah Bermimpi" dan "Apatis" untuk audio recording film "Sang Pemimpi" serta lagu "Sahabat Kecil" dalam film "Laskar Pelangi".

Pada bulan Maret tepatnya di tahun 2012, akhirnya Ipang kembali meluncurkan album solonya yang bertajuk "Hey..Hey..Hey!". Sebenarnya album "Hey..Hey..Hey!" mulai dikerjakan pada tahun 2008. Namun album tersebut baru selesai 4 tahun kemudian. Karena kesibukan Ipang sebagai penggarap salah satu jingle iklan dan audio recording film. Selain itu karena Ipang juga mendahulukan BIP untuk meluncurkan sebuah mini album yang bertajuk "Berangkat" pada tahun 2010. Bersamaan di tahun itu dia juga berduet dengan K’naan dengan menyanyikan lagu "Semangat Berkibar".

Di tahun 2012 setelah bersama di Plastik Band, akhirnya Ipang Lazuardi membentuk band baru bernama "Daddy and Therefore the Hot Tea" yang mengusung musik di era tahun 1990-an bersama Morris (drum, vokaal) dari personil band Hydrant dan Aray Daulay (gitar & vokal). Pada September tahun 2016 silam di acara musik sebuah acara TV swasta, Ipang mempromosikan single terbarunya. Pada acara tersebut ia tampil dengan pendatang baru Street yang digawangi oleh Oka, Dave Manullang, Yosi dan Antoni Sidjabat.

Kumpulan Chord Ipang