Firman


Firman ialah seorang penyanyi yang lahir di Balige, Toba Samosir pada tanggal 3 November 1978. Penyanyi yang memiliki nama asli Firman Rahmat Siagian ini lebih sering dikenal dengan panggilan Firman atau pun Gian. Ia merupakan jebolan dari ajang pencarian bakat menyanyi di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Ajang pencarian bakat tersebut yaitu Indonesia Idol pada musim kedua di tahun 2005 yang ditayangkan di RCTI.

Pada ajang pencarian bakat tersebut ia berhasil meraih peringkat top 3 bersama Judika Dan Mike. Selepas dari ajang pencarian bakat Firman memutuskan untuk berkarir secara solo. Tahun 2009 sampai 2011 ia aktif mengeluarkan single. Single-single tersebut antara lain Anak melayu dirilis tahun 2009, Tahun 2010 Kehilangan dan Separuh hati, Tahun 2011 Tetap yang terindah dan Broken Heart yang berkolaborasi dengan Setia Band.

Firman merupakan anak dari pasangan suami istri bernama J. siagian dan T. Simanjutak. Penyanyi ini memiliki tinggi badan 175 cm. Perjalanan cintanya pun sangat menarik, setelah putus dari Melinda dan Kamaya ia akhirnya menikah dengan Marissa Purwana Putri pada tanggal 24 Juni tahun 2012. Penyanyi ini juga sempat didapuk menjadi vokalis band The Fly.

Akhir-akhir ini memang Firman jarang muncul di layar televisi dan sudah lama tidak merilis lagu, ternyata ia aktif di negara Malaysia. Makin laris mengisi berbagai acara di Malaysia, Ia sempat mendapat tawaran untuk pindah tempat tinggal tapi ia menolaknya. Ia mengatakan bahwa Ia tidak bisa karena jiwanya tetap Indonesia pada wawancara dengan salah satu media online.

Penampilan Firman pun banyak berubah mulai dari gaya rambut yang dahulu gondrong kini bergaya cepak. Pada akun Instagramnya @firmansiagian78 ia sering kali membagikan foto bersama keluarga kecilnya. Salah satu harapan yang ingin ia wujudkan adalah merilis album solonya di tahun depan. Untuk mewujudkan harapannya tersebut ia telah mempersiapkan perilisan albumnya dengan 10 lagu didalamnya. Ia memastikan bahwa tidak akan memasukkan genre musik melayu dalam albumnya dan genre albumnya bertema pop rock n roll dipadukan dengan jazz sedikit sentuhan blues.

Kumpulan Chord Firman