Fade 2 Black


Salah satu Grup Rap yang terkenal di Indonesia adalah Fade 2 Black. Namanya kian terkenal saat berkolaborasi dengan Bondan Prakoso. Kiprahnya di dunia musik sudah tak perlu diragukan lagi. Selama kurang lebih 10 tahun, dari tahun 2004 hingga 2014, mereka bersama Bondan sukses meramaikan pasar musik nasional. Namun, saat ini diketahui bahwa mereka dan bondan sudah tidak lagi bersama. Fade2Black sendiri diberntuk pada akhir 1999. Kala itu anggotanya adanya Ardaninggar Nazir (Ari), Tito Budidwinanto (Tito) dan Danial Rajab Fahreza (Eja).

Kiprahnya saat bersama Bondan Prakoso dibawah naungan Sony Music Indonesia membuat namanya kian dikenal oleh masyarakat kala itu. 4 album telah mereka ciptakan, yakni 'Respect' pada tahun 2005, 'Unity' pada tahun 2007, 'For All' pada tahun 2010 dan 'Respect & Unity For All' pada tahun 2012. Namun, pada tahun 2013 kontraknya dengan Sony habis dan mereka resmi vakum. Tak dapat dipungkiri, keputusan mereka untuk tidak lagi bersama tentunya membuat banyak komentar dan pendapat masyarakat.

Setelah itu Titz, Santoz, dan Lezzano kemudian mengajak bergabung Nizto untuk mengisi kekosongan personel mereka. Nizto sendiri merupakan personel lama mereka yang tidak bisa ikut saat proyek Bondan Prakoso & Fade 2 Black dibentuk. Alasanya karena kontrak rekaman mereka hanya terdiri dari empat orang yang salah satunya adalah Bondan. Dia juga tidak bisa ikut karena saat itu sedang melakukan PKL bidang perhotelan dan kuliner di Bandung. sebelum bergabung dengan Fade 2 Black, Nizto bekerja sebagai koki.

Setelah tidak lagi bersama Bondan, mereka juga telah membuat lagu baru. Namun, Tito mengakui bahwa nuansa 'Bondan' yang ingin ditinggalkan masih terasa dibeberapa bagian lagunya. 6 lagu telah mereka ciptakan pada tahun 2015. Di tahun 2017, mereka menambah lagu ciptaan lagi sebanyak 5 lagu. 11 lagu tersebut kemudian dikemas dalam album yang mereka beri judul Tabik!. Album tersebut terjual sebanyak lebih dari 20.000 kopi. Walaupun sekarang mereka telah memiliki jalurnya sendiri, di tahun 2000an lagu-lagu mereka telah mengisi hari-hari para pecinta musik di Indonesia. Untuk itu kita hanya bisa mendoakan semoga sukses selalu karirnya di dunia musik.

Kumpulan Chord Fade 2 Black