Eny Sagita


Penyanyi dangdut yang terkenal dengan jargon "Asolole" ini bernama Eny Sagita. Pemilik nama asli Eni Setyaningsih ini lahir di Nganjuk pada tanggal 14 Desember tahun 1984. Semenjak membawakan lagu berjudul Ngamen 5 namanya semakin dikenal di kalangan pecinta dan penikmat musik dangdut Indonesia. Di tahun 2016, dia menikah dengan Kakung Lintang dan dikaruniai 2 orang anak bernama Nonny Sagita dan Lintang Aini Nathania.

Karir Eny Sagita sebagai penyanyi dangdut dimulai dari bernyanyi panggung ke panggung. Penggemarnya tersebar di seluruh Indonesia yang dinamakan Bolone Eny Sagita. Sebelum bernama Bolone Eny Sagita dulunya bernama Eny sagita Lover's. Ia juga tergabung dengan 3 orkes melayu yaitu OM Sagita, OM New Scorpio, dan OM Menthul Musik.

Pada tahub 2009 silam, tepatnya di tanggal 16 Oktober, Eny Sagita dan rekan mendirikan orkes Melayu pertama yang diberi nama Sagita. Aliran musik yang didalami orkes ini yakni jaranan dangdut yang banyak diminati masyarakat. Tidak heran memang karena jaranan merupakan eksenian tradisional yang populer di Jawa Timur. Nama OM Sagita kini dapat pula disejajarkan dengan berbagai orkes melayu top lainnya seperti Monata, Sera dan New Palapa.

Selanjutnya terdapat Orkes Melayu New Scorpio yang memiliki genre jaranan dangdut dipadukan dengan reggae. Jargon yang terkenal dari OM New Scorpio ialah "New Scorpio, Ha'e ha'e ngono loh mas". Terakhir terdapat Menthul Musik yang merupakan grup orkes melayu ketiga yang dibawahi oleh Eny Sagita. Tidak berbeda dengan pendahulunya, orkes melayu ini mengusung aliran jaranan dangdut. Tahun 2017 memulai berkarya dengan merilis album berjudul "Sawangen" dan lagu yang berjudul sama sebagai andalannya.

Eny Sagita yang kini bernaung di bawah label Nagaswara ini sering membawakan jenis musik bergenre dangdut, koplo, dan Jaranan Dangdut. Selain berkarir sebagai penyanyi dangdut, Ia juga mempunyai label rekaman bernama Eny's Production. Perusahaan yang didirikan pada bulan Desember tahun 2013 ini telah menghasilkan banyak album. Selain itu label ini juga menaungi 3 grup orkes melayu yang dibawahi oleh Eny sendiri.

Kini dia aktif di youtube dengan channelnya yang telah memiliki ratusan ribu subsciber. Dia bersama Happy Asmara juga beberapa kali berduet. Video dari lagu duet mereka yang berjudul "Sotya" ciptaan Dru Wendra Wedhatama telah dilihat sebanyak lebih dari 5 juta kali.

Kumpulan Chord Eny Sagita