Eclat


Grup band yang menitih karir dari platform Youtube ini, sudah cukup dikenal oleh kalangan anak muda saat ini. Eclat, memang sering membuat cover dari lagu-lagu anak muda yang sedang tenar. Grup musik tersebut menggunakan media digital yang sangat banyak digunakan oleh pemuda. Oleh karena itu, namanya tidak terlalu asing lagi bagi kaum muda Indonesia.

Grup musik Eclat mulai berkarir pada dunia permusikan Indonesia pada tahun 2015. Band ini dikenal karena sering menyanyikan ulang lagu-lagu dari penyanyi ataupun band yang sangat digemari anak-anak muda seperti Raisa, Kahitna, Anji, bahkan Crisye. Tembang-tembang yang dicover ulang oleh kelompok musik ini diaransemen ulang dan dibalut dengan alunan beat up.

Band ini sebenarnya berawal dari sebuah pertemanan yang ada di kampus. Awalnya anggota grup ini terdiri dari Clara Ayu Sheila, Louis Xander, Willy Anggawinata, dan Jefta Jasson. Namun, pada tahun 2019 yang lalu ditinggalkan oleh beberapa personilnya, yaitu Clara dan Jefta. Sehingga saat ini band tersebut hanya tersisa Willy yang bertindak sebagai vokalis dan Louis sebagai gitaris.

Produser dari band tersebut juga merupakan salah satu rekan para anggotanya, yakni Yosua Gunawan atau biasa dipanggil Yos. Beberapa lagu cover yang dihasilkan oleh mereka mampu mencapai jutaan penonton pada situs berbagi video terbesar, Youtube. Salah satunya yaitu lagu "Asal Kau Bahagia" yang dipopulerkan oleh grup band Armada. Video klip covernya mencapai lebih dari 3 juta penonton.

Selain lagu tersebut, band muda ini juga menyanyikan ulang lagu "Tolong" dari Budi Doremi yang amat tersohor bagi kaum muda di tanah air. Beberapa judul lagu cover lainnya dari Eclat diantaranya yaitu "Dan" yang dipopulerkan oleh Sheila on 7, "Cantik" milik grup band Kahitna, "Nyaman" dari Andmesh, hingga tembang dari mendiang Chrisye yang berjudul "Pergilah Kasih".

Pada pertengahan tahun 2017, Eclat merilis sebuah lagu miliknya yang pertama. Single tersebut bertajuk "Nyatanya" yang dibuat oleh produsernya, Yosua. Lagu tersebut cukup diminati oleh para eclasia, fanbase dari grup ini, karena menceritakan tentang kehidupan dan masalah percintaan anak muda pada umumnya.

Kumpulan Chord Eclat