Ebiet G. Ade


Ebiet G. Ade atau yang biasa dipanggil Ebit tersebut merupakan seorang musikus legendaris yang ada di Indonesia. Ia dikenal karena banyak menciptakan lagu balada yang menceritakan kesedihan bahkan duka dari kelompok-kelompok yang tersisihkan di masyarakat. Salah satu judul lagunya yang begitu populer yaitu "Berita Kepada Kawan". Tembang tersebut sering didengar bahkan hingga saat ini.

Nama asli musisi senior ini adalah Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far. Ia dinamakan Ebiet G. Ade karena saat penyanyi tersebut mengikuti kursus Bahasa Inggris, sang guru yang merupakan orang asing kesulitan mengeja namanya. Harusnya dia dipanggil "Abid" namun oleh gurunya tersebut dipanggil "Ebit". Lagu-lagu yang diciptakannya banyak mengandung pesan moral kehidupan yang sangat menyentuh dan tentunya bermanfaat bagi semua orang. Isi dari tembang-tembang karyanya menceritakan mengenai alam dan derita masyarakat.

Ebiet G. Ade lahir pada tanggal 21 April tahun 1954 di sebuah daerah bernama Wanadadi. Daerah tersebut berada di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Ia merupakan anak termuda dari enam bersaudara. Ayahnya bernama Aboe Dja'far yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) biasa. Ibunya, Saodah, merupakan seorang penjual kain. Dia adalah ayah dari penyanyi bernama Aderaprabu Lantip Trengginas atau yang lebih dikenal dengan nama Adera.

Penyanyi yang lebih senang disebut sebagai penyair ini memiliki banyak impian saat masih kecil. Ia pernah bercita-cita menjadi seorang dokter, pelukis, dan lain sebagainya. Namun karena berbagai kondisi yang terjadi, ia menjadi seorang musikus yang bahkan mampu merajai dunia musik Indonesia pada awal era 80an. Selama kurang lebih 7 tahun ia bergabung dalam Jackson Record, penyanyi ini mencapai puncak karirnya.

Setelah perusahaan rekaman tersebut gulung tikar, penyanyi ini membuat label sendiri bernama EGA Record. Dengan label miliknya itu, ia mampu mengeluarkan beberapa album yaitu "Rembulan Emas", "Menjaring Matahari", dan "Seraut Wajah". Seperti halnya albumnya yang lain, album tersebut juga berisikan lagu-lagu yang menjadi hits pada saat itu. Ebiet G. Ade memang tersohor akan syair-syairnya yang dijadikan lagu penuh makna. Banyak orang menggemari karya-karyanya karena seolah menggambarkan kemuraman durja kehidupan rakyat. Tembang-tembangnya juga tidak sedikit yang menyinggung mengenai isu-isu politik dalam negeri.

Kumpulan Chord Ebiet G. Ade