Dewa 19


Grup band yang aktif dari tahun 1986 hingga tahun 2011 ini merupakan grup band terkaya di Indonesia pada masanya. Dewa 19 yang mengusung musik genre rock ini lahir di Surabaya dan pada tahun 1980. Anggota grupnya yaitu Once yang merupakan vokalis utama dan aktif pada tahun 1999 sampai 2011, Ahmad Dhani sebagai kibordis dan gitaris pada tahun 1986 sampai 2011, Andra aktif pada tahun 1986 sampai 2011 sebagai gitaris utama, Yuke yang bergabung pada tahun 2002 sampai 2011 dan Agung sebagai drummer dan perkusionis pada tahun 2007 sampai 2011.

Grup terkenal ini merilis album yang pertamanya pada tahun 1992. Pada tahun ini merupakan masa kejayaan bagi Dewa 19. Setiap album baru yang meluncur selalu laris dan habis dalam satu waktu. Rata-rata semua album yang dirilis selalu disukai oleh masyarakat, dan pernah terjual lebih dari 2 juta keping album.

Meski sudah tidak aktif lagi, saat ini masih banyak penyanyi yang mulai membangkitkan lagu-lagu grup band yang sudah lama hilang. Banyak yang mengcover dan menyetel ulang lagu kenangan dari grup band terkenal ini. Selain itu, pernah dilakukan konser dengan tema reuni Dewa 19 yang direncanakan oleh Ahmad Dhani pada tahun 2013 lalu. Konser tersebut sempat menghebohkan para fans grup band ini karena konser ini dihadiri oleh beberapa personil band mulai dari awal berdirinya band ini. Dari mulai bergantinya personil dari beberapa tahun sebelumnya.

Grup band terbesar di Indonesia ini sering dan banyak mendapatkan penghargaan. Salah satunya yaitu pada tahun 1993 dari BSAF Awards dan penghargaan dari Amerika Serikat. Tidak ada lagu yang tidak langsung populer ketika dinyanyikan oleh grup band ini. Itulah kenapa band ini sangat tersohor di seluruh penjuru Indonesia. Nama grup band ini berasal dari singkatan nama setiap personil dari grup pendiri pertama pada tahun itu. Sedangkan untuk 19 berasal dari album mereka yang rilis pertama kalinya. Sehingga disebutlah dengan panggilan Dewa 19.

Mantan anggota yang pernah mengisi band ini ada Wawan Juniarso (drummer), Erwin Prasetya (bassis) yang meninggal dunia tahun 2020, Ari Lasso (vokalis), Wong Aksan (drummer dan perkusionis), Bimo Sulaksono (drummer dan perkusionis), Tyo Nugros (drummer dan perkusionis). Lagu-lagu mereka hinga saat ini masih diminati masyarakat. Berikut kumpulan chord Dewa 19 yang telah kami buatkan.

Kumpulan Chord Dewa 19