Cokelat


Cokelat adalah nama sebuah grup musik asal Bandung, Indonesia. Band ini memakai nama "Cokelat" karena ingin lagu yang mereka bawakan dapat di nikmati oleh pendengarnya, layaknya makanan cokelat. Grup Musik Legendaris Cokelat masih aktif mewarnai kancah musik Indonesia. Setelah vokalis pertamanya, yakni Kikan keluar dari Cokelat, band ini mengumumkan personel barunya, yakni Sarah Hadju, sebagai finalis Indonesian Idol. Perjalanan grup musik Cokelat selama 23 tahun mewarnai musik Indonesia lewat lagu rock alternatif rock belum mulus.

Ada saat-saat melesat ke jajaran band papan atas, tetapi ada juga saat mereka turun. Album yang di rilis tahun lalu menandai tonggak baru kebangkitan mereka setelah kepergian beberapa personel, serta pergantian manajemen dalam menghadapi perubahan bisnis rekaman. Proses menguras keringat saat memproduksi album membuat Cokelat menemukan tim dengan kekuatan baru. Tim semakin solid karena mampu mengerjakan album secara mandiri, tanpa dukungan perusahaan rekaman besar alias indie. Cokelat sering di sangka menjadi terpuruk setelah vokalis pertama, Namara Kikan Surtikanti, memutuskan hengkang. Namun, menurut band ini, saat itulah Ernest memilih keluar dari band. Namun, kepergian Ernest membuat Cokelat semakin kokoh dengan bentukan yang lebih ramping.

Seluruh personel termotivasi untuk membuktikan bahwa Cokelat mampu menghadirkan hal-hal baru kepada penggemarnya. Grup band ini bertahan berkat konsep yang kuat, memadukan musik rock maskulin dengan kekuatan lirik yang di lantunkan dengan vokalis wanita. Meski terkenal dengan lagu-lagu bertema nasionalis, ekspresi pengkhianatan dan kekecewaan mereka membuat lagu-lagu mereka mudah di terima oleh berbagai kalangan.

Masuknya vokalis Jackline Rossy Natalia dan Axel Andaviar, bisa menjadi energi baru bagi Grup Band Coklat Legendaris, sekaligus menambah referensi musik bagi band yang di bentuk tahun lalu itu. Bukan karena berusaha lepas dari bayang-bayang vokalis lama, berusaha menampilkan yang terbaik untuk pendengarnya. Untuk sekarang, yaitu di tahun 2021 saat artikel ini dibuat, personel aktifnya yaitu Aiu Ratna (ex. Garasi) (Vocal) , Ronny Febry Nugroho (Bass), Edwin Marshal Syarif (Gitar), Ernest Fardian Syarif (Gitar) dan Axel Andaviar (Drum).

Kumpulan Chord Cokelat