Cakra Khan


Pemuda bernama lengkap Cakra Konta Paryaman merupakan seorang penyanyi dan juga seorang penulis lirik dari Indonesia. Nama panggungnya yang populer adalah Cakra Khan. Pemuda ini lahir di Pangandaran, 22-02-1992. Ia mengenyam bangku sekolah dasar di SDN Karang Benda 1, sedangkan SMP dan SMA, ia tempuh di SMPN dan SMAN 1 Parigi Ciamis. Ia menempuh kuliah di Sekolah Tinggi Musik Bandung. Namanya mulai melambung setelah merilis lagu utamanya di tahun 2012 yang berjudul Harus Terpisah.

Lagu Cakra Khan yang mudah dipahami dan liriknya yang menyenangkan, membuat lagu ini populer dalam waktu singkat. Ia mulai merilis lagu-lagu lainnya dari albumnya, diantaranya Mengingat Dia dan Setelah Kau Tiada. Ia juga merilis lagu single bertajuk religi berjudul Opera Tuhan. Selain itu, pada tahun yang sama ia berkolaborasi dengan Siti Nurhaliza dalam lagu berjudul Seluruh Cinta. Lagu-lagu lainnya yang juga Ia rilis adalah Heavy Dreamer, Kau Memilih Dia, dan lagu kolaborasi dengan Rudi Habibie berjudul Mencari Cinta Sejati.

Lagu Harus Terpisah memenangkan nominasi Karya Produksi Lagu Pop Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia. Selain di nominasi tersebut, Cakra Khan juga memenangkan penghargaan Pendatang Baru Terbaik, Penyanyi Solo, dan Pria Pop Terbaik, di tahun 2013. Di tahun yang sama, ia juga memenangkan nominasi Vokal Terbaik Artis Baru Lelaki di ajang Anugerah Planet Musik. Sedangkan lagu utamanya berjudul Harus Berpisah juga memenangkan penghargaan dalam kategori Lagu Terbaik Indonesia, dan Lagu Serantau Terbaik di ajang yang sama.

Di ajang Nicklodeon Indonesia Kids Choice Awards, ia memperoleh penghargaan dalam kategori Penyayi Favorit (2013). Tahun 2014, lagu Cakra Khan berjudul Setelah Kau Tiada memenangkan 2 nominasi di ajang Anugerah Planet Musik, yaitu untuk nominasi Lagu Terbaik Indonesia dan Lagu Serantau Terbaik. Sedangkan pada tahun 2015. Cakra Khan memenangkan nominasi Kolaborasi Terbaik dari kolaborasi lagunya dengan Siti Nurhaliza dengan lagu berjudul Seluruh Cinta, di ajang yang sama, yaitu Anugerah Planet Musik. Tahun 2020 ia merilis lagu single terbarunya berjudul Salah Tapi Baik yang uniknya ia nyanyikan dengan nada falsettto.

Kumpulan Chord Cakra Khan