Blackout


Bagi kaum millenial, nama Blackout mungkin jarang sekali mereka dengar. Namun, perlu diketahui bahwa semua personil grup tersebut adalah orang-orang yang telah mumpuni dan sudah lama terjun dalam dunia musik. Dengan kelima personilnya yaitu Azizi (vokal) Rere (Drumer), Ega (gitar) Iwan (bass) dan Sastro (keyboard) mereka membentuk grup musik baru dengan genre blues. Di mana bagi mereka musik tersebut adalah tonggak atau awal dari segala jenis musik yang ada.

Baik Azizi, rere, Ega, Iwan maupun Sastro dulunya pernah menjadi anggota grup band lain ataupun bekerja sama dengan penyanyi legendaris lainnya. Sebut saja Rere (drum), sebelum bergabung dengan Blackout ia pernah menjadi anggota Gassrock dan Ada band. Bahkan rere juga menjadi partner kerja penyanyi melegenda seperti Iwan Fals.

Pada tahun 2010 Blackout merilis sebuah album dengan nama yang sama seperti nama grup band mereka yaitu 'Blackout'. Album tersebut berisi beberapa lagu seperti Join Kopi, Letoy, Good Bye, dan Resiko Orang Cantik. Lagu berjudul Letoy itulah yang menjadi single hits dari Blackout. Di tahun tersebut lagu Blackout masih berkutat dalam tema lagu dunia percintaan. Meski para anggotanya sudah termasuk senior namun dalam bermusik mereka beranggapan tidak ada yang namanya senioritas. Bahkan mereka saling mendukung satu sama lain untuk menciptakan musik-musik baru yang enak didengar.

Meski namanya jarang sekali didengar, Blackout masih kerap aktif mengisi panggung dan menghibur para fans mereka. Beberapa lagu yang berhasil rilis adalah Selalu Ada, Tak Sanggup Lagi Denganmu, Satu Alasan, Selalu Ada, Terjadi Tanpa Cinta, gebyar-Gebyar, dan Cintaku. Nama Blackout kemudian semakin dikenal berkat lagu-lagunya yang tidak mengkotak-kotakkan musik. Bahkan pada tahun 2018 lalu, saat perhelatan pesta musik rock Yogyakarta mereka menjadi penabuh gong pertanda dimulainya acara.

Mereka juga didapuk sebagai pengisi acara dalam pentas kesenian tersebut. Sampai kini sudah terbukti bahwa meski telah lama terjun di dunia musik setiap personil Blackout tetap belajar untuk lagu-lagu berikutnya. Hingga saat ini lagunya masih sering dimainkan. Bahkan sewaktu admin sedang nongkrong di cafe (seperti anak muda gaul), ada penyanyi cafe yang sedang menyanyikan lagunya. Dan itu tidak hanya sekali saja admin jumpai. Sobat yang penasaran dengan lagu-lagunya bisa langsung lihat kumpulan chord Blackout dihalaman ini.

Kumpulan Chord Blackout