Benyamin Sueb


Benyamin Sueb lahir di Kemayoran, Batavia pada tanggal 5 Maret 1939. Orang tua Benjamin adalah Suaeb dan Aisyah. Nama asli ayahnya adalah Sukirman, namun berganti nama menjadi Suaeb sejak tinggal di Batavia. Ketika Benyamin berusia dua tahun, ayahnya meninggal dunia. Penampilan Little Ben memang sudah berbeda, sifatnya yang cuek namun humoris membuat Ben di sukai oleh teman-temannya. Seniman kelahiran Kemayoran ini sudah menunjukkan bakatnya sejak kecil.

Pengaruh sang kakek, dua engkong Benyamin yaitu Saiti dan Haji Ung yang membuat bakat seninya semakin terasah. Saiti yang merupakan peniup klarinet dan Haji Ung seorang pemain Dulmuluk / juga pemain teater rakyat yang menurunkan darah seninya pada Benyamin. Pada waktu kecil, bersama 7 orang kakaknya, Benyamin membuat sebuah kegiatan Orkestra Kalengan. Benjamin dan saudara-saudaranya membuat alat musik dari barang bekas.

Dari kelompok musik kaleng rombeng itulah yang kemudian menjadi cikal bakal kiprah dari Benyamin di dunia seni. Namanya kemudian menjadi lebih dikenal sebagai seniman Betawi. Benyamin memiliki sifat yang periang, pemberani, kocak, pintar dan disiplin. Suaranya yang bagus dan banyak teman, menjadikannya sering ditraktir teman-teman sekolahnya. Saat Sekolah Dasar kelas 5 sampai 6, dia pindah ke SD Santo Yusuf di Bandung dan sekolah SMPnya di Jakarta lagi, masuk Taman Madya Cikini. Di sekolah itu dia satu sekolah dengan komedian Ateng. Disana ia tergolong anak yang nakal.

Benyamin mengaku belum memiliki target pasti. Tergantung kondisinya, kata penyanyi dan pemain film yang suka bercanda ini. Benyamin sempat mencoba mendaftar menjadi pilot, tapi gagal karena dilarang ibunya. Dia akhirnya menjadi pedagang roti dorong. Ia di tawari pekerjaan di perusahaan bus, dan langsung di terima, karena tidak ada pilihan lain. Pangkatnya yang hanya kondektur, dengan rute dari Lapangan Banteng, Pasar Rumput.

Dalam perjalanan karir nya, duet Benyamin dan Ida Royani menjadi duet penyanyi yang terkenal pada masanya. Bahkan lagu yang mereka bawakan menjadi terkenal dan sukses besar hingga namanya kian dikenal masyarakat. Lilis Suryani, salah satu penyanyi yang viral saat itu pun sudah tersaingi. Berikut kumpulan chord lagu-lagu yang dipopulerkan oleh Benyamin Sueb.

Kumpulan Chord Benyamin Sueb