Base Jam


Base Jam merupakan salah satu grup band Indonesia yang beraliran pop dan rock di era 90-an. Band ini berasal dari ibukota Jakarta. Sampai sekarang, grup tersebut berhasil mengeluarkan 7 buah album. Hal ini membuktikan bahwa karya yang dihasilkan sudah cukup banyak.

Biografi Base Jam
1. Berdirinya Base Jam
Base jam dibuat sejak tahun 1994, tepatnya pada tanggal 15 Januari. Terbentuknya grup ini bermula dari penampilan dalam rangka memperingati acara hari kemerdekaan di tempat mereka bekerja, yaitu di Jasa Marga.

Sempat terjadi perubahan formasi anggota dalam band tersebut, namun tak mempengaruhi kelancaran band ini dalam menampilkan karyanya. Bahkan ketika pertama kali terjadi perubahan susunan personil, kualitasnya semakin bertambah baik.

2. Personil Base Jam
Setelah mengalami beberapa perubahan komposisi anggota band, kini grup tersebut memiliki 6 orang anggota. Awalnya kelompok ini hanya memiliki 4 personil, yaitu Aris dan Enya sebagai gitaris, Sita sebagai bassis, dan Sigit sebagai vokalis. Namun, kedua gitaris mengalami pergantian di pertengahan tahun 1994. Kemudian diisi oleh Adnil yang merupakan adik dari Aris.

Untuk mencapai komposisi yang lebih baik, mereka memutuskan untuk menambah anggota. Akhirnya personil bertambah tiga orang, yaitu Adon sebagai vokalis, Arif sebagai vokalis latar, dan Bambang Sutanto sebagai Drummer. Namun, kini personil base jam diantaranya Sigit, Sita, Aris, Oni, Alvin, dan Alsa.

3. Lagu Hits dari Base Jam
Diantara lagu yang pernah populer pada awal terbentuknya band ini yaitu lagu dengan judul Bermimpi. Lagu tersebut merupakan salah satu lagu yang ada dalam album yang pertama kali rilis dan berhasil menembus pasar.

Satu tahun kemudian, yakni 1997 rilis album yang kedua dengan judul Dua. Lagu yang paling terkenal saat itu yaitu Jatuh Cinta. Selanjutnya di tahun 1998, band ini kembali naik daun dengan lagu barunya yang berjudul Bukan Pujangga yang hingga sampai saat ini lirik lagunya masih teringiang-ngiang di kepala.

Itulah beberapa informasi yang berhubungan dengan band tanah air bernama base jam. Kini namanya memang sudah tak begitu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, namun karyanya tentu masih dikenal oleh mereka yang sudah hidup di era 90-an termasuk admin website ini. (Ups, ketahuan kalo ternyata admin sudah tua 😁)

Kumpulan Chord Base Jam