Ardhito Pramono


Ardhito Pramono atau yang akrab di sapa Ardhito ini lahir di Jakarta, 22 Mei 1995. Ia seorang penyanyi, penulis lagu, dan artis asal Indonesia. Ia pernah menjadi creative planner dan music director. Selain itu, ia pernah bergabung dalam pembuatan penggarapan film pendek dan web-series. Ia pernah mengenyam pendidikan di Jurusan Film JMC Academy, Australia. Ia pandai menciptakan lagu dan mahir memainkan alat musik seperti gitar, piano, dan drum.

Tahun 2013, saat masih berkuliah, ia memanfaatkan dunia digital untuk mengunggah musik-musik yang Ia ciptakan. Awalnya, ia tampil di Youtube dengan mengcover lagu milik AJ Rafael seperti She Was Mine. Setelah lulus kuliah tahun 2014, namanya mulai di kenal banyak orang. Ia mulai merekam lagu dalam bentuk vidio. Lagu pertamanya berjudul I Placed My Heart dan disusul lagu berjudul What Do You Feel About Me. Lagu keduanya ini paling banyak di tonton.

Pada tahun 2017, ia di kontrak oleh perusahaan label musik internasional, 'Sony Music'. Lagu pertama yang rilis di bawah naungan Sony Music adalah Bila. Lagu ini menjadi soundtrack di film 'Ernest Prakasa Susah Sinyal'. Tahun 2018, Ardhito Pramono meluncurkan singlenya, berjudul Fake Optics dan merilis versi baru dari lagu berjudul bitterlove. Ia masuk ke dalam 2 nominasi, yaitu Karya Produksi Terbaik dan Artis Jazz Vokal Terbaik di ajang Penghargaan Musik Indonesia.

Selanjutnya, tahun 2019 Ardhito Pramono merilis album pertamanya, album perdananya ini berjudul A letter to my 17 year old dan pada tahun 2020 ia merilis album keduanya berjudul Craziest thing happened in my backyard. Di tahun 2019 ia memperoleh 3 penghargaan dan nominasi, yaitu Artis Solo Pria Pop Terbaik, Artis Jazz Vokal Terbaik, dan Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik. Selain di ajang musik, Ia mendapatkan penghargaan dalam kategori Pemeran Pendatang Baru Terfavorit di ajang Indonesian Movie Actors Award.

Ia juga memenangkan penghargaan Artis Jazz Kontemporer Terbaik di ajang Anugrah Musik Indonesia. Selain itu di ajang ini, ia juga masuk ke dalam 4 nominasi lainnya, yaitu Karya Produksi Terbaik, Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik, Produser Rekaman Terbaik, dan Artis Solo Urban Terbaik. Berikut beberapa chord gitar dari lagu-lagu yang telah dinyanyikannya.

Kumpulan Chord Ardhito Pramono