Adele


Adele Laurie Blue Adkins atau Adele adalah seorang multi talenta. Selain berprofesi sebagai penyanyi, ternyata dia juga seorang penulis. Adele yang lahir yang lahir pada 5 Mei 1988 merupakan wanita berkebangsaan Inggris. Album debut pertamanya yang dirilis tahun 2008 dan diberi nama "19", berhasil meraih kesuksesan besar secara komersil maupun kritikal. Album tersebut berhasil mengantarkannya meraih penghargaan platinum sebanyak 7x di Britania Raya dan platinum ganda di Amerika Serikat.

Pada tahun 2009, Adele meraih penghargaan untuk kategori Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Penyanyi Pop Wanita Terbaik. Album studio kedua dari Adele yang bertajuk "21" kemudian dirilis pada awal tahun 2011. Melalui albumnya tersebut, Adele ada di stratosfer yang berbeda dari rekan-rekannya di Inggris atau Amerika, bagaimana tidak, albumnya terjual hingga puluhan juta copy dan ia banyak menerima penghargaan di bidang musik. Single hitsnya yang berjudul "Rolling in Deep, "Someone Like You", dan "Set Fire to the Rain" yang menjadikan namanya kian terkenal di dunia musik. Melalui album tersebut juga, ia menjadi penyanyi wanita pertama dalam sejarah Billboard Hot 100 yang tiga singelnya berhasil masuk top 10 secara bersamaan.

Pada tahun 2015, Adele merilis album studio ketiganya yang dalam album tersebut dia bekerjasama dengan banyak musisi salah satunya Ryan Tedder dari OneRepublic. Single utama dari album tersebut berjudul "Hello" dan saat artikel ini dibuat video clipnya di youtube telah ditonton sebanyak lebih dari 2,7 Milyar kali. dalam kurun waktu 24 jam pertama, video tersebut telah ditonton sebanyak 27,7 juta kali di YouTube. Angka tersebut mengalahkan rekor lagu "Bad Blood" dari Taylor Swift yang ditonton sebanyak 20,1 juta dalam tempo 24 jam.

Dibalik namanya telah mendunia, ternyata yang menjadikannya cinta dalam bermusik adalah grup musik Spice Girls. Dia mengaku bahwa merekalah yang membuatnya menjadi seperti sekarang. Adele juga pernah menjadi kontributor sebuah badan amal bagi para seniman yang kurang beruntung. Dia mengumpulkan sekitar $13.000 untuk disumbangkan yang ia peroleh selama turnya di Britania Raya dan Eropa.
Berikut beberapa chord dari lagu yang dipopulerkan oleh Adele.

Kumpulan Chord Adele