AB Three


AB Three (singkatan dari Antero Bagus Three) sekarang berganti nama menjadi Be3 (dibaca: Bi Tri) atau singkatan dari Becoming 3 yang berarti perwujudan keutuhan sebagai trio yang solid dan sepenuhnya mandiri. Kelompok vokal ini dimulai dengan bergabungnya tiga perempuan muda yang saat itu masih berusia belasan tahun. Widi (16 tahun), Nola (17 tahun) dan Lusy (18 tahun) yang merupakan jebolan kontes menyanyi tingkat Asia, Asia Bagus. Grup ini resmi terbentuk pada tanggal 13 Agustus 1993.

Sebelum menjadi Grup vokal Trio, ketiganya sempat berkarier sendiri-sendiri. Nola merilis album solo berjudul Hanya Dirimu, Widi merilis single Mama (lagu lawas yang pernah dipopulerkan Eddy Silitonga pada tahun 70′an), sementara Lusy berduet dengan Edo Kondologit (yang juga jebolah Asia Bagus). Mereka kemudian disatukan oleh Chris Pattikawa menjadi trio yang sangat tangguh. Seperti pernyataan Lusy bahwa mereka bisa menjadi sangat solid karena mereka bertiga, kalau jalan sendiri-sendiri belum tentu bisa sukses. Ini terbukti dengan proyek solo mereka sebelumnya tidak terlalu populer di masyarakat. Kekuatan vokal AB Three menjadi sangat kuat dengan terciptanya harmoni suara yang sempurna. Mereka memanfaatkan perbedaan rentang vokal masing-masing di mana Nola memilki rentang vokal sopran, Lusy dengan rentang vokal mezosopran dan Widi dengan rentang vokal alto.

AB Three adalah kelompok vokal yang tergolong unik. Tanpa pernah sebelumnya merilis album, nama mereka sudah cukup dikenal pecinta musik Indonesia dikarenakan mereka menjadi langganan juara festival menyanyi tingkat internasional dari Asia sampai Eropa. Secara komposisi vokal, AB Three memang sangat mumpuni. Ketiganya masing-masing memiliki warna vokal yang berbeda dan menjadi harmoni yang indah ketika dipadukan.

Posted on : by