Via Vallen


Via Vallen merupakan nama panggung dari penyanyi dangdut yang memiliki nama asli Maulidia Octavia. Dia lahir pada tanggal 1 Oktober 1991 di Surabaya. Karier Via dimulai sejak ia berumur 15 tahun. Penggemar dari Via Vallen diberi nama Vyanisty. Lewat singlenya yang berjudul Selingkuh, namanya kian dikenal oleh masyarakat apalagi dengan keberhasilannya memenangkan penghargaan SCTV Music Awards 2017 dalam kategori Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017 yang membuatnya belakangan ini kerap tampil di televisi. Selain itu, Via juga beberapa kali menjadi bintang iklan.

Via Vallen juga memiliki akun youtube sendiri yang diberi nama ‘Via Vallen Official’. Di akun tersebut, dia lebih sering mengupload Vlog dan juga cover lagu-lagu yang saat ini sedang hits. Akun tersebut dibuat sekitar 2 tahunan yang lalu. Video pertamanya diupload pada tanggal 25 Dessember 2015.

Ketika remaja, Via mengaku belum terlalu memcintai dangdut dan lebih menyukai musik bergenre pop rock seperti yang dibawakan oleh musisi luar negeri Evanescence, dan penyanyi Avril Lavigne. Nama Vallen sendiri diambil dari album pertama Evanescence yang berjudul Fallen dan kemudian diubah huruf depannya dai F menjadi V.

Pada tahun 2008, Via juga tergabung dalam salah satu orkes dangdut yang hits di tanah air bernama Sera. Selain Sera, Via juga membawakan sejumlah lagu-lagu pop yang dinyanyikan dalam irama dangdut koplo bersama dengan grup musik tanah air seperti New Pallapa, SERA, Monata dan lainnya. Beberapa penghargaan juga telah diraihnya, seperti Penyanyi Dangdut Paling Ngetop pada SCTV Music Awards 2017, Pedangdut Paling Joss pada MNCTV Anugerah Dangdut Indonesia 2017 dan masih banyak lagi.

Posted on : by