Ungu



Grup band Ungu mulanya terbentuk pada tahun 1996. Saat pertama kali dibentuk, posisi vokalisnya dipegang oleh Michael, Ekky pada Gitar dan Pasha Van derr Krabb pada drum. Pada tahun 1997 penabuh drum mereka yaitu Pasha Van derr Krabb digantikan oleh Rowman dan juga Enda mulai bergabung dengan band ini. Disusul Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau lebih dikenal sebagai Pasha yang bergabung pada tahun 1999 menggantikan Michael.

Album pertama mereka yang bertajuk Laguku pertama kali dirilis pada 6 Juli 2002, walaupun sudah dipersiapkan sejak tahun 2000. Single pertama dari album Laguku yang berjudul “Bayang Semu” menjadi OST dari sinetron remaja di RCTI. Dan lagi, album ini juga mendapat penghargaan Platinum Award setelah hampir 2 tahun dirilis. Pada album kompilasi Klik, Ungu juga turut mengisi 2 lagu pada album tersebut. 2 lagu itu adalah “Bunga” dan “Hasrat”.

Namun, Ekky yang saat itu mengisi posisi sebagai gitaris pada grup band ini memutuskan keluar saat hendak masuk dapur rekaman untuk album kedua. Keluarnya Ekky kemudian digantikan oleh Oncy yang saat itu juga baru keluar dari Funky Kopral. Dengan personil tersebut, akhirnya Album kedua Ungu yang bertajuk Tempat Terindah sukses dirilis pada Desember 2003.

Pada album kedua tersebut, lagu “Karena Dia Kamu” dijagokan sebagai single pertama dan “Suara Hati” yang kedua. Album ini sangat sukses dipasaran dan penjualannya mencapai 80.000 (delapan puluh ribu) copy dalam jangka waktu 4 bulan saja.

Kemudian, album ketiga Ungu yang bertajuk Melayang dirilis Desember 2005 dengan single “Demi Waktu” yang berhasil mengantarkan Ungu untuk mendapat double platinum dan menjadi MTV Exclusive Artis pada bulan Desember 2005. Lagu tersebut juga telah merambah negeri Jiran, Malaysia yang kemudian membuat 4 perusahaan label berebut untuk mendapatkan hak edar disana.

Pada tahun 2006, Ungu mengeluarkan sebuah mini album bertajuk SurgaMu untuk menyambut Ramadhan 1427 H. Album tersebut pun sangat laris dan terjual sampai 150ribu keping hanya dalam waktu 10 hari saja. Pada tahun ini pula, Ungu mendapatkan Penghargaan MTV Indonesia dan masuk dalam 3 nominasi yaitu Most Favorite Group/Band/Duo, Best Director “Demi Waktu” Abimael Gandy, dan Video of the Year “Demi Waktu”.

Pada Kamis, 10 Mei 2007, Ungu yang dukungan oleh “A Mild Live Productions” dan “Trinity Optima Production” meluncurkan buku dengan judul “A Mild Live Ungu Book Magazine” yang isinya mengenai biografi dari masing-masing personel Ungu, diskografi, foto-foto dan juga kumpulan chord lagu Ungu.

Pada tahun 2007, Ungu kembali merilis album. Album ini adalah album keempatnya dan di-launching di empat negara sekaligus, yaitu 9 Agustus 2007 di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Agustus 2007 di Singapura, 12 Agustus 2007 Hongkong dan puncaknya 15 Agustus 2007 di Jakarta, Indonesia. Lagu “Kekasih Gelapku”, “Cinta dalam Hati”, “Apalah Arti Cinta” dan “Ijinkan Aku” menjadi single andalan dalam album ini. Pada tahun ini pula, tepatnya Jumat, 24 Agustus 2007, Ungu kembali mendapatkan penghargaan untuk kategori ‘Band Ngetop’ pada ajang SCTV Music Awards yang diselenggarakan di JCC Senayan Jakarta.

Menyambut datangnya Ramadhan 1428 H, Ungu kembali merilis mini album religi lagi yang bertajuk Para Pencari-Mu. Pada album ini terdapat 5 lagu, serta dalam album ini Ungu berkolaborasi dengan ustad Jeffry Al Buchori. Sebelum mini album ini dirilis, 3 dari 5 lagu pada album ini terpilih sebagai soundtrack sinetron religi yang tayang selama Bulan Ramadhan.

Tak hanya itu. Ungu juga merilis Album Penguasa Hati pada tahun 2009 dan 1000 Kisah Satu Hati pada tahun 2010 serta 3 album religi lain yang berjudul Aku dan Tuhanku pada tahun 2008, Maha Besar pada tahun 2009 dan juga Ruang Hati pada tahun 2013.

Pada tahun 2012, Ungu juga merilis sebuah album kompilasi terbaik yang berjudul Timeless. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia. Meski demikian, album ini sukses terjual hingga 500ribu keping selama dua bulan. Pada album ini terdapat 10 single pilihan dari album sebelumnya dan empat lagu baru yang berjudul “Kau Anggap Apa”, “Apa Sih Maumu”, “Puing Kenangan” dan “Sayang”.

Sampai tahun 2013, Ungu telah sukses menghasilkan 6 album reguler dan 5 album mini religi dengan personil Pasha (Sigit Purnomo Syamsuddin Said) pada Vocal, Makki (Makki O. Parikesit) pada Bass, Enda (Franco Wellyjat Medjaya Kusumah) pada Gitar, Oncy (Arlonsy Miraldi) pada Gitar, dan Rowman (M. Nur Rohman) pada Drum. Pada Tahun 2014, Mereka juga merilis single yang berjudul “Baku Jaga (Song For Menado)” dan “Segala Puji Syukur”.

Seperti itulah perjalanan panjang dari grup band Ungu, susah dan senang pasti telah mereka lalui untuk menuju kesuksesan seperti sekarang ini. Bagi sobat yang menyukai lagu-lagunya dan ingin memainkan mengguanakan alat musik. Dibawah ini telah kami sediakan kumpulan chord gitar ungu band yang mungkin akan sangat berguna untuk sobat sekalian.

Posted on : by