Tipe-X



Tipe-X adalah grup musik asal Indonesia yang bergenre ska. Band ini dibentuk pada tahun 1995 di bulan September. Dulunya grup musik ini bernama Head Master yang kemudian diganti menjadi Tipe-X agar orang lebih mudah mengingat namanya. Personel awalnya yaitu Tresno (Vokal), Billy (Gitar), Yoss (Gitar), Micky (Bass), Anto (Trombone), Andi Toha (Saksofon, Terompet) dan Arie (Drum).

Album pertama mereka berjudul “SKA Phobia” diilis pada Juni 1999 dengan label rekaman Pops Musik dibawah Aquarius Musikindo selaku distributor. Lagu berjudul “Genit” yang dikemas dalam album tersebut sukses membuat nama Tipe-X semakin dikenal. Tak hanya itu, album perdana ini juga terjual hingga lebih dari 380.000 copy serta mendapat dianugerahi 2 platinum.

Di tahun 2001 mereka kembali meluncurkan album. Album kedua ini berisikan 10 lagu dengan hits andalannya berjudul “Salam Rindu“. Lagu lain dalam album ini yang juga terkenal yaitu berjudul “Sakit Hati” dan “Selamat Jalan”. Sobat yang lahir di tahun 80’an pasti tahu lagu-lagu tersebut. Kesuksesan album kedua ini melebihi album terdahulunya. Penghargaan Triple Platinum diperolehnya serta terjual hingga lebih dari 500 ribu copy. Sayangnya setelah album kedua ini rilis, Drummer mereka yaitu Hendro keluar pada tahun 2002.

Kekosongan pada posisi penggebuk drum kemudian digantikan oleh drummer baru yaitu Aditya Pratama (sekarang drummer ADA Band). Album ketiga mereka yang berjudul “Super Surprise” kemudian dirilis pada tahun 2003 dengan lagunya yang terkenal berjudul “Gombal”, “Karena Cemburu”, dan “Pacar Yang Baik”. Pada album ketiga ini tidak kalah sukses dengan album sebelumnya karena terjual lebih dari 150.000 copy serta dianugerahi 1 platinum.

Di tahun 2005, mereka kembali merilis album. Album keempat ini juga merupakan ulang tahun Tipe-X yang ke 10. Single andalannya yang berjudul “Kamu Ngga’ Sendirian” dan “Mawar Hitam” membuat album ini terjual hingga lebih dari 120 ribu copy.

Tak hanya sampai disitu, di tahun 2007 mereka kembali merilis album baru. Di album ini baru ini terdapat 13 lagu, 3 lagu baru dan 9 lainnya merupakan lagu-lagu yang terkenal di tahun 90’an. Setelah rilis album kelima ini, drummer mereka Aditya Pratama keluar dan kemudian bergabung dengan ADA Band.

Hingga sekarang Tipe-X telah menciptakan 7 album. 2 lainnya selain album diatas yaitu Festival Perasaan (2009) dan SEVEN (2012). Personelnya sampai saat ini berjumlah 6 orang yaitu Tresno Riadi (vokal), Yoss (gitar), Billy (gitar), Micky (bass), Anto (trombone) dan Arie Hardjo (drum). Sedangkan Andi Toha yang memainkan Saksofon, Terompet keluar di tahun 2011.

Sobat X-Friends yang ingin memainkan lagu-lagunya untuk mengenang masa lalu bisa langsung cek kumpulan chord tipe-x dibawah ini. Semoga chord dibawah ini bermanfaat dan memudahkan sobat. Untuk tipe-x band, terus berkarya.

Posted on : by
  • Page 1 of 2
  • 1
  • 2