ST12



ST12 pertama kali dibentuk pada 20 Januari 2004 di Bandung, Jawa Barat. Personel awalnya berjumlah 4 orang yaitu Muhammad Charly Van Houten (Charly) (Vokal), Dedy Sudrajat (Pepeng) (Gitar), dan Iman Rush (Gitar), Ilham Febry (Pepep) (Drum). Dikarenakan mereka sering berkumpul di studio musik milik Pepep yang beralamat di Jl. Stasiun Timur No. 12, ayah Pepep yaitu Helmi Aziz memberi nama band mereka dengan nama ST12 yang merupakan kependekan dari tempat mereka sering berkumpul.

Awalnya mereka menempuh jalur indie dan merilis album perdananya pada tahun 2005 yang berjudul “Jalan Terbaik”. Album tersebut diedarkan lewat label PT. Gita Mitra Persada yang merupakan sublabel dari Musica Studio. Sedangkan label Music Plus adalah sebuah label management yang mengedarkan album perdana mereka dalam bentuk CD yang hanya dijual didaerah Bandung dan Cimahi saja.

Di tahun tersebut mereka juga kehilangan 1 personel mereka yaitu Iman Rush dikarenakan meninggal saat melakukan tur promosi album di Semarang. Album Perdana mereka sukses di pasaran dan membuat nama band ST12 kian dikenal masyarakat serta dilirik oleh Trinity Optima Production.

Di tahun 2008, ST12 merilis album kedua yang berjudul “P.U.S.P.A“. Album kedua tersebut didedikasikan untuk Iman Rush. Di tahun 2009 mereka meluncurkan album Repackage dari album mereka sebelumnya yaitu “P.U.S.P.A”. Di album Repackage ini terdapat 14 lagu dengan 2 lagu baru dan beberapa lagu yang di aransemen ulang. Di tahun 2010 mereka kembali merilis album lagi dengan judul “Pangeran Cinta”. Namun, sayangnya di tahun 2011 2 personel ST12 yaitu Charly dan Pepeng keluar dari band ini.

Tak lama setelah 2 personelnya keluar, di tahun 2012 ST12 kembali dengan formasi baru. Personel barunya yaitu Rido (Vokal), Koko (Gitar) dan Indra (bass). Di tahun 2013, ST12 yang telah memiliki formasi baru meluncurkan album terbaru yang berjudul “Lentera Hati”. Di album tersebut terdapat 10 lagu dengan hits andalannya berjudul “Putih Putih Melati”. Lagu tersebut pernah masuk kedalam Top 5 untuk Top Single Chart di iTunes, menjadi No.1 Top Track untuk Daily Video yang paling popular di Youtube Malaysia selama beberapa hari berturut-turut serta berhasil menduduki peringkat-peringkat atas dalam chart Radio-Radio Popular di Malaysia.

Di tahun 2014, ST12 merilis album religi yang di upload ke YouTube dengan judul “Ampunan-Mu”. Pada video klip tersebut, posisi vokal yang tadinya Rido Tuah sudah diganti dengan personel baru bernama Dimas Moersas. Di tahun itu juga ST12 merilis album berjudul “Terjemahan Hati” dengan 11 lagu baru. Hingga saat ini ST12 telah sukses menciptakan 5 album. Personelnya yang masih aktif yaitu Dimas Moersas (Vokal), Pepep (Drum) dan Indra (Bass).

Dibawah ini kami telah membuatkan kumpulan chord ST12 yang akan sangat berguna bagi sobat yang ingin memainkan lagunya dengan menggunakan alat musik. Semoga bermanfaat dan dukung terus musik karya anak bangsa.

Posted on : by
  • Page 1 of 2
  • 1
  • 2