Jamrud



Jamrud dulunya bernama Jamrock dan pertama kali terbentuk pada tahun 1989 di Cimahi, Jawa Barat. Personel awalnya yaitu ‘Azis’ Mangasi Siagian (gitar), ‘Ricky’ Teddy (bass), Agus (drum), dan Oppi (vokal). Grup band ini beberapa kali mengalami pergantian personel hingga pada tahun 90-an formasi yang dikenal masyarakat yaitu yaitu Azis (gitar), ‘Fitrah’ Alamsyah (gitar), Ricky Teddy (bass), ‘Sandy’ Handoko (drum) dan Krisyanto (vokal). Vokalis baru Jamrock yaitu Krisyanto pernah meraih predikat sebagai Vokalis Rock Terbaik versi festival rock se-Bandung.

Dulunya mereka membawakan lagu-lagu dari band lain yang telah mempunyai nama. Hingga pada tahun 1995, mereka mulai menciptakan lagu hasil karya sendiri yang kemudian dirilis pada Oktober 1995 dan merubah nama Jamrock menjadi Jamrud. Album perdana tersebut berjudul “Nekat”. Album perdana tersebut sukses terjual sebanyak 150 ribu keping. Album kedua mereka berjudul “Putri” yang dirilis tahun 1997 juga laris di pasaran hingga terjual 300 ribu keping.

Penjualan album ketiga yang mereka rilis pada tahun 1998 berjudul “Terima Kasih” kembali mengulang kesuksesan seperti album sebelumnya. Album tersebut sangat laris di pasaran dan terjual hingga 750 ribu keping. Tahun 1999 mereka meraih penghargaan sebagai Group Rock Terbaik AMI Award 1999 dan pada tahun 2000 mereka kembali menggebrak dengan album barunya yang berjudul “Ningrat” dengan lagu hit-nya yang berjudul “Surti Tejo” dan “Pelangi di Matamu”. Rilisnya album keempat mereka sekaligus menjadi puncak kesuksesannya, album tersebut terjual sangat fantastis, yaitu 2juta keping. Penghargaan sebagai Group Rock Terbaik AMI Award 2000 juga berhasil mereka peroleh.

Namun pada tahun kesuksesan Jamrud tersebut, mereka harus kehilangan 2 personel dikarenakan meninggal dunia. Personel yang meninggal tersebut yaitu Fitrah Alamsyah (1999) dan Sandy Handoko (2000).

Pada album kelima, Log Zhelebour sebagai produser membawa Jamrud rekaman di Studio 301 Sydney, Australia. Album baru tersebut diberi judul “Sydney 090102” dan dirilis tahun (2002). Lagunya yang terkenal yaitu “Waktuku Mandi” dan “Selamat Ulang Tahun“. Album tersebut berhasil terjual 1juta keping. Di tahun itu pula mereka berhasil memperoleh 4 penghargaan, yaitu sebagai Group Rock Terbaik AMI Award 2002, Group Rock Terbaik News Musik 2002, Group Rock Terbaik Tabloid Bintang 2002 dan Group Terpopuler Gen B Extra Joss Award 2002.

Vokalis terkenal mereka yaitu Krisyanto sempat hengkang pada tahun 2007 dan meluncurkan album solo pada tahu 2009 berjudul “Mimpi”. Hengkangnya Krisyanto tersebut kemudian diisi oleh vokalis baru bernama Iwan Vox yang kemudian mengundurkan diri pada 2011. Pada Oktober 2011, Krisyanto akhirnya kembali bergabung dengan Jamrud mengisi kekosongan pada posisi vokal. Hingga sekarang formasi yang masih bertahan yaitu Aziz Mangasi Siagian (Gitar), Mochamad Irwan (Gitar), Ricky Teddy (Bass), Danny Rachman (Drum), dan Krisyanto (Vokal).

Sobar tentunya sudah hafal kan dengan lagu-lagu band rock cadas ini. Dibawah ini telah kami buatkan list kumpulan chord jamrud yang tentunya akan mempermudah sobat yang ingin memainkannya dengan menggunakan alat musik seperti gitar.

Posted on : by