Exists



Exists merupakan salah satu band asal Malaysia yang namanya telah dikenal banyak orang. Band ini terbentuk pada tahun 1991 dengan nama terdahulunya yaitu Exist. Di tahun yang sama telah merilis album pertamanya yang berjudul Exist. Di album perdana tersebut berisi 10 lagu, dengan lagunya yang terkenal serta yang telah melambungkan namanya berjudul “Untukmu Ibu”. Penjualan album pertama tersebut juga termasuk sukses karena terjual hingga 250.000 copy.

Personel Exists beberapa mengalami pergantian. Pada awal terbentuk, mereka beranggotakan 6 orang, yaitu Mohd Ali bin Kamarudin (Mamat) (Vokal), Musa bin Radhi (Musrad) (Bass), Azrul bin Nasir (Along) (Gitar), Shahrudin bin Saniman (Ujang) (Drum), Shah Nizam bin Abdul Halim (Shah) (Gitar) dan Mohd Faizal bin Maas (Ajai) (Keyboard). Along dan Mamat saat itu masih berusia 13 tahun sedangkan personel lainnya juga masih berusia dibawah 20 tahun.

Nama Exist sendiri berarti “ada”, yang mana ingin menjadikan grup musik ini terus ada. Nama band tersebut nyatanya sampai saat ini masih ada karena lagunya yang masih sering didengarkan dan dinyanyikan orang seperti lagu yang berjudul “Mencari Alasan”. Pergantian nama Exist menjadi Exists dilakukan pada tahun 1997 dikarenakan wartawan sering kali salah menulis nama Exist menjadi Exists. Pergantian nama ini juga menandakan perubahan grup musik ini ke tahap yang lebih tinggi.

Hingga saat ini, personel yang masih aktif berjumlah 4 orang, yaitu Azrul bin Nasir (Along) (Gitar), Musa bin Radhi (Musrad) (Bass), Shahrudin bin Saniman (Ujang) (Drum) dan Vokalis yang menggantikan Mohd Ali bin Kamarudin (Mamat) yaitu Joey Daud. Grup band asal Malaysia ini juga telah sukses menciptakan belasan album. Bagi sobat yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagunya bisa langsung dilihat kumpulan chord lagu Exists dibawah ini.

Posted on : by